Untuk Kedua Kalinya GFNY Championship Asia Hadir Di Lombok

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Mataram – Event balap sepeda internasional GFNY (Gran Fondo New York) Indonesia kembali hadir di Pulau Lombok, NTB, 3 September 2017 mendatang. Tahun ini merupakan kali kedua GFNY Indonesia digelar setelah tahun 2016 lalu. GFNY Indonesia tahun ini juga menjadi tuan rumah Championship Asia. Sebanyak kurang lebih 800 peserta dari 35 negara akan ambil bagian pada event yang juga menyuguhkan keindahan alam pulau di Lombok ini. Para peserta ini akan melintasi daerah wisata di antaranya Pusuk pass, Tanjung, Bayan, Nipah, Malimbu yang menyusuri sepanjang ppinggiran pantai Utara.

Jarak balapan dibagi dua yaitu long distance (168 kilometer) dan medio distance (82 kilomoter). semua peserta melakukan start di mangsit, di depan hotel holiday resort. Para peserta akan melewati medan datar sejauh 27 kilometer pertama. setelah itu, tantangan berupa tanjakan di kawasan Pusuk Pass juga harus dihadapi. Di Pusuk Pass ini para peserta akan melewati monkey forest (hutan monyet).

Dari medan tanjakan pusuk pass, peserta long distance akan lanjut ke tanjung, hingga anyar dan putar balik ke garis finis. Sementara itu, peserta short distance, melakukan putar balik di tanjung menuju garis finis. start balapan akan dimulai pada pukul 06.00 wita. cut of time (batas maksimal) untuk peserta long distance adalah pukul 15.41 wita, sementara untuk medio distance adalah pukul 11.59 wita.

Peserta dibagi dalam beberapa kategori yaitu individu untuk putra dan putri. ada tujuh pembagian untuk kategori ini yaitu beradasarkan usia 18-39 tahun putra/putri, 40-44 tahun putra/putri, 45-49 tahun putra, 45+ tahun putri, 50-54 tahun putri, 55-59 tahun putra. kategori berikutnya adalah Him + Her (Putra + Putri). pada kategori ini, pasangan pria dan wanita harus finis dengan rentang waktu 30 detik. Kategori ketiga dalah regu. semua peserta bisa membentuk sebuah kelompok agar bisa masuk kategori regu.

Sebagai GFNY Championship asia, sebanyak 20 persen peserta yang finis pertama dari tujuh nomor untuk kategori individu bisa mengikuti GFNY New York di tahun depan dan berhak mendapatkan start di First Corral (Baris depan). Sementara itu, pemenang putra dan pemenang putri dari long distance juga mendapat undangan dari GFNY NYC pada 20 Mei 2018. Untuk dua peserta ini, biaya akomodasi dan registrasi akan ditanggung oleh panitia GFNY World Championship NYC.

GFNY Indonesia tahun ini juga diikuti sekitar 40 peserta dari GFNY Malaysia yang baru pertama kali digelar pada 23 april 2017 beberapa waktu lalu. Tidak hanya Lombok, di tahun depan, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah GFNY yang untuk pertama kalinya akan berlangsung di Pulau Dewata Bali pada 4 Februari 2018.

GFNY yang akan berlangsung di New York City sendiri akan diikuti lebih dari 5000 peserta dari 90 negara. Dengan jarak tempuh untuk kategori Gran Fondo sejauh 160 km dan 80 km untuk kategori medium fondo. Tema besar yang diangkat adalah BE A PRO FOR A DAY.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.