Pulau Lombok

9 Destinasi Wisata Di Lombok Barat Yang Wajib Dikunjungi

Genpi Lombok Sumbawa, Lombok Barat – Terletak di sebelah timur Pulau Bali yang merupakan Primadona Pariwisata di Indonesia, Lombok berhasil mendapat penghargaan 2 tahun berturut2 Best Halal Destination dan Best Halal Honeymoon. Selain terkenal dengan keindahan Gunung Rinjani, terutama pantainya, Lombok juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Lombok Barat dengan Pantai Sengigi nya merupakan kiblat pariwisata di Pulau Lombok memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, berikut kami rangkum 9 tempat wisata di Lombok Barat yang wajib anda kunjungi.

1. Pantai Sengigi

Pantai Senggigi Lombok
Photo courtesy of Jackysan

Pantai Sengigi adalah tempat wisata di Lombok yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan pantai, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Patai Sengigi juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Pantai sengigi adalah primadona wisata Pulau Lombok.

2. Pura Lingsar

Pura Lingsar. Photo courtesy of Jackysan

Pura Lingsar merupakan pura tertua di Pulau Lombok. Rumah ibadat ummat Hindu ini merupakan satu dari beberapa rumah ibadat di pulau Lombok yang menjadi symbol kerukunan umat beragama antara Umat Islam (Suku Sasak) dan Umat Hindu (Suku Bali) sejak ratusan tahun yang lalu. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana hijau dan sejuknya Pura Lingsar atau sekedar ingin bertanya dan megulik cerita menarik tentang destinasi keren ini jangan khawatir, karena Guide Lokal yang disediakan pengelola Pura Lingsar siap memberikan informasi yang anda perlukan.

3. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki atau yang lebih dikenal dengan sebutan Teluk mekaki terletak diselatan Sekotong tepatnya di Desa Pelangan Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Pantai ini dapat ditempuh melalui jalur darat dari kota mataram dengan waktu tempuh 1,5 – 2 jam atau sekitar 70km jarak tempuh.

4. Taman Narmada

Jika Taman Lingsar terkenal karena sebagai bukti kerukunan antar umat beragama, namun lain halnya dengan Taman Narmada yang merupakan taman raja dari kerajaan Anak Agung Ngurah Karangasem sekitar tahun 1727 H yang sekarang menjadi tempat rekreasi umum di Pulau Lombok. Ada banyak aktifitas yang bisa di kerjakan di tempat ini, mulai dari  Berenang, melihat peninggalan2 dan senjata suku sasak, flyingfox hingga mencoba Air
Awet Muda.

5. Desa Banyumulek

Desa Banyumulek merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Pulau Lombok. Tepatnya di desa Banyumulek kecamatan Kediri kabupaten Lombok Barat. Tak seperti tempat wisata lain yang menyuguhkan keindahan alam yang menawan, Kasongan lebih identik sebagai objek wisata khusus bagi para pemburu kerajinan tangan dari tanah liat seperti keramik atau gerabah.

6. Wisata Alam Sesaot

Sesaot merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Sesuai dengan namanya wisata alam sesaot tempat ini menyuguhkan wisata alam seperti wisata aik nyet (air dingin) hutan sesaot, keindahan wisata alam sesaot menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan untuk menghabiskan liburan panjang atau sekedar berkemah di akhir pekan.

7. Bukit Batu Idung

Batu Idung terletak di kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Fakta unik tentang Bukit Idung dibandingkan dengan destinasi lain di Lombok adalah Anda dapat menikmati sunrise dan sunset sekaligus di tempat ini.

8. Masjid Cina Lombok

Eit jangan salah kaprah dulu ya, Rumah ibadat ini memang bernuansa Cina mirip seperti kelenteng bahkan ada yang menyebut nya Masjid Kelenteng. Ada juga yang menyebut masjid merah karena nuansa warna yang dominan merah. Masjid ini juga menjadi satu dari sekian rumah ibadat di pulau Lombok yang menjadi symbol kerukunan umat  beragama di Pulau seribu masjid sebutan lain dari Pulau Lombok. Masjid ini terletak diDusun Jurang malang Desa Sesaot Kecamatan Narmada.

9. Gili Sudak

Gili sebutan orang Lombok untuk pulau-pulau kecil. Tidak hanya Gili Trawangan, Gili Air atau Gili Meno saja yang mengitari indahnya Pulau Lombok. Di sebelah barat pulau Lombok terdapat beberapa gugusan gili-gili, sebut saja Gili Sudak yang terletak di kecamatan sekotong Lombok barat. Tahun 2016 kemarin Gili ini masuk nominasi Resort
Ramah Wisatawan Muslim.

Emen Ardiansyah

Pastikan Bahwa Kerja Keras Kita, Bisa Membuat Bangsa Ini Bangga. Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa karya dan inspirasi.

Related Articles

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button