Belajar Menjadi Sutradara di Minggu Akhir BPLS 2017

by Emen Ardiansyah

GenpiLombokSumbawa.com, Mataram – Workshop dan Lomba Film Pendek menjadi salah satu rangkaian akhir dari Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) 2017. Festival Film Pendek ‘MOVIEMENT’ yang bertajuk ‘Pesona Lombok Sumbawa Dalam Lensa’ menemani International Halal Travel Fair, Fahion On The Street, Festival Kuliner, Sembalun Holtikultura Festival dan Festival Senggigi dalam minggu akhir menjelang penutupan BPLS 2017.

Kegiatan Moviement diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram dan didukung oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa dan Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 14-15 September 2017 bertempat di Gedung Teater Taman Budaya Provinsi NTB. Di hari pertama (14/09) kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapala Dinas Pariwisata NTB yang juga memberikan sambutannya sebagai pembuka kegiatan.

Yandy Laurens yag merupakan sutradara muda dan berprestasi Indonesia dihadirkan dalam kegiatan ini. Yandy Laurens akan membagikan ilmu dalam dunia perfilman sekaligus akan menjadi juri yang akan memberikan penilaian dalam tahap ‘screening’ atas 10 film terbaik dari 43 film terdaftar yang dilombakan dalam Lomba Film Pendek.

Di hari pertama, Festival Film Pendek ini akan diisi dengan workshop film pendek, dalam sesi ini Sutradara yang pernah memenangkan Best Short FIlm dalam ajang Citra Award ini akan memberikan tips dan trik dalam pembuatan film pendek. Terbagi dalam dua sesi dari sore hingga malam hari Yandy Laurens berhasil menghipnotis para sineas muda yang hadir di gedung teater taman budaya NTB.

Yandy Laurens tidak tanggung-tanggung dalam membagikan ilmu yang dimilikinya, rahasia-rahasia pembuatan film pendek dan rahasia menjadi sutradara handal dibagikan pada para peserta workshop tanpa terkecuali. Beberapa rangkaian film pendek yang pernah dibuatnya pun diputarkan dan kemudian diceritakan terkait hal-hal yang dilaluinya di belakang layar. Salah satu film pendek yang ditampilkan dalam workshop ini adalah film pendek yang dibuatnya dengan dukungan langsung dari Aqua yang menceritakan tentang Indoensia dan semua itu sontak menambah antusias para peserta workshop.

Kegiatan inipun terlihat sangat dinikmati oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan dan berusaha menggali ilmu-ilmu yang dimiliki Yandy Laurens terkait dunia perfilman.

Selanjutnya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media yang positif untuk eksplorasi hobi bagi para pemuda di NTB seperti apa yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata NTB ketika memberikan sambutan, “Kegiatan posiitif seperti ini memang harus dimasifkan, agar generasi kita bisa mengeksplorasi hobinya ke arah yang positif”, ucap kadispar yang akrab disapa Pak Faozal ini.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.