Rally Wisata : Indahnya Mandalika Dari Balik Kemudi

by Emen Ardiansyah

            Ikatan Motor Indonesia (II) NTB Kembali mendapat kepercayaan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally tahun 2017. Setelah sempat menggelar event serupa pada tahun 2015 dan 2016. Pada musim 2017 ini, terdapat 5 putaran yang telah ditetapkan dan putaran ketiga dilaksanakan di NTB, yang mana sebelumnya diselenggarakan di Sulawesi Selatan (putaran I), Kalimantan Selatan (putaran II). Putaran IV dan V akan diselenggarakan di Kalimantan Timur dan Bali.

            Penyelenggaraan di NTB tahun 2017 tampil beda karena IMI NTB berupaya meningkatkan keterlibatan banyak pihak, terutama bagaimana program IMI Nasiona ini bersinergi dengan program-program unggulan Pemerintah Provinsi NTB. Dalam kesempatan tahun ini, Kejurnas Time Rally masuk mendukung program pariwisata nasional “Pesona Indonesia” dan di NTB “Pesona Lombok Sumbawa” melalui event “Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017”.

            Kepala Dinas Pariwisata NTB H. L. Moh. Faozal mengutarakan, Mandalika menjadi pilihan karena kawasan wisata unggulan tersebut menjadi ikon pariwisata bahkan ke depan kawasan mandalika yang dikelola oleh ITDC ini akan menjadi ikon pariwisata Indonesia bahkan Dunia. Untuk itu Pemprov NTB bersama IMI pusat maupun IMI NTB ikut memiliki tanggung jawab mendukung program pengembangan pariwisata mandalika itu.

            Kadispar berharap event rally nasional ini member dampak luas terutama andil mempercepata kemajuan pariwisata NTB. Pemprov NTB, tegas Faozal, semakin memperkuat komitmen untuk berkesinambungan melakukan promosi maupun pencitraan ke dalam maupun di tingkat nasional dan internasional. Dengan konsisten menggelar event-event berkualitas, termasuk sport tourism seperti program IMI ini dengan memperkuat sinergitas dengan berbagai stakeholders.

            Ketua IMI NTB, M. Nur Haedin menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi NTB yang mendukung program IMI Nasional ini. Tentunya IMI tidak bias berdiri sendiri dengan programnya mengembangkan olahraga mobil (roda empat). Kemajuan olahraga mobil IMI akan sulit jika tidak melakukan sinergi dengan program-program lain. Untuk itulah IMI NTB berupaya meningkatkan penyelenggaraan kejurnas Time Rally, dan tahun ini ada 4 misi yang disinergikan yakni misi olahraga prestasi roda empat (mobil), promosi pariwisata, kampanye keselamatan di jalan (road safety campaign) dan aksi social. Untuk menyukseskannya, IMI NTB bekerjasama antara lain dengan Dinas Pariwisata NTB, Dinas Perhubungan NTB, Ditlantas Polda NTB, Angkasa Pura I LIA dan Forum LLAJ provinsi NTB.

            Untuk kategori-kategori yang dillombakan adalah sebagai berikut :
            Gelar Rally Mobil

  • Kejuaraan Nasional Time Rally 2017 (Driver, Navigator 1, Navigator 2)
  • Kejuaraan Nasional Speeded B Time Rally 2017 (Driver, Navigator 1, Navigator 2)
  • Kejuaraan Nasional Pemula Time Rally 2017 (Driver, Navigator 1, Navigator 2)
  • Kejuaraan Nasional Team Club IMI NTB

          Kejuaraan Tambahan

  • Kejuaran Pemula Lokal NTB
  • Fun Rally

Peserta Kejurnas Time Rally dan juga yang mengikuti Fun Rally, ini menjadi ajang silaturahmi, saling bertukar informasi dan meningkatkan pemahaman terhadap keselamatan di jalan termasuk tertib berlalu lintas. Sehingga pada akhirnya, ajang edukasi ini member manfaat yang banyak kepada para peserta rally antara lain lebih percaya diri, mampu berkendara yang aman dan nyaman, member andil dalam menekan angka kecelakaan di jalan, dan meraih prestasi.

Untuk Kejurnas Time rally tahun ini diikuti pereli-pereli nasional sebanyak 75 team dengan 250 orang atlet dari DKI Jakarta, Kalsel, Kaltim, Sulsel, Sumsel, Yogyakarta, Jateng, Jatim, Jambil, Bali dan NTB. Sementara untuk Fun Rally akan diikuti dari berbagai elemen termasuk unsure pelaku pariwisata, akademisi, smasta, pemeritnah, BUMN, TNI/Polri, dengan total peserta sekitar 250 orang. Sementara peserta safety riding dan kontes mobil diikuti kalangan pelajar, mahasiswa, klub/komunitas motor dan umum. Rangkaian kegiatan termasuk start-finish rally digelar di eks bandara Selaparang Mataram.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.