Antusiasnya Ibu-Ibu Peserta Lomba Sajian Olahan Laut BPLS 2017

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Lombok Tengah – Masih menjadi bagian dari kegiatan yang berlangsung di kawasan Taman Wisata Alam Tunak, selain lomba memancing dan bersih-bersih pantai, panitia juga mengadakan lomba sajian olahan laut.

Diikuti oleh tidak kurang dari 30 tim / organisasi wanita SKPD di Kabupaten Lombok Tengah kegiatan yang berlangsung pada siang hari ini begitu menarik perhatian. Bagaimana tidak? Meskipun berlangsung di tengah hutan, tetapi para peserta berusaha memberikan sajian terbaiknya dan membuktikan bahwa tidak ada halangan apapun bagi ibu-ibu yang memiliki hobi memasak.

Lomba ini dibatasi hanya sebatas lomba sajian olahan dari hasil laut. Jadinya para peserta hanya menampilkan hasil dari olahan terhadap hasil laut dan tidak melakukan ‘live cooking’ atau tidak memasak di lokasi lomba.

Lomba ini merupakan yang pertama kali digelar oleh Dinas Pariwsiata Provinsi NTB, karena melihat potensi laut dari kawasan Tunak yang begitu luar biasa sehingga diperlukan adanya beberapa kegiatan yang mampu menggambarkan bahwa di kawasan tersebut terdapat potensi yang harusnya mampu membantu masyarakat sekitar dan pelombaan ini adalah salah satu contohnya.

Berbagai macam kreasi olahan laut coba disajikan oleh para ibu-ibu peserta lomba, layaknya perlombaan-perlombaan yang ada di layar kaca, nampaknya ibu-ibu ini sudah tidak kaku lagi dalam memberikan sajian.

Turut hadir selaku tim juri dalam lomba ini yaitu Ibu Ketua Dekranasda Kabupaten Lombok Tengah dan ditemani beberapa anggotanya. Kegiatan penilaian lomba sajian olahan laut ini dilakukan setelah berakhirnya rangkaian pengumuman lomba mancing bertajuk ‘rock fishing’.

Setelah melakukan penilaian, tim juri mengaku sangat sulit dalam memilih pemenang, karena setiap kelompok memiliki kelebihannya masing-masing, namun terdapat beberapa hal yang menjadi aspek penilaian, seperti estetika penyajian, rasa dari masakan, serta kesesuaian dari makanan yang disajikan dengan tema yang diangkat panitia.

Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari, dan berkat dari adanya kegiatan ini maka kawasan TWA Tunak sangat ramai dikunjungi, meskipun baru sebatas masyarakat local tetapi kegiatan ini telah berhasil mempromosikan kawasan TWA Tunak sebagai salah satu destinasi wisata di Lombok Tengah.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.