Meski Tak Serupa Swarnawastra, Karnaval Festival Pesona Moyo Juga Tak Kalah Heboh

by Emen Ardiansyah

www.Genpilomboksumbawa.com, Sumbawa – Masih teringat bagaimana indahnya busana para penari ketika pelaksanaan pembukaan Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017 yang berlangsung pada Jumat (18/08) lalu. Kegiatan karnaval yang bertajuk ‘Swarnawastra’ tersebut berhasil menarik perhatian public yang menyaksikan kegiatan pembukaan yang berlangsung di kawasan Taman Sangkarean Mataram.

Pada hari ini, Senin (11/09) Kabupaten Sumbawa juga melaksanakan kegiatan karnaval dalam Festival Pesona Moyo 2017. Berlangsung di sore hari dengan mengambil titik start diawali dari halaman kantor bupati Sumbawa dan finish di depan Markas Kodim Sumbawa atau di kawasan taman kampong Bugis Sumbawa.

Sebelum karnaval mulai, Bapak Bupati Sumbawa terlebih dahulu menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa karnaval ini penting agar masyarakat kita menyadari keberagaman yang ada di kabupaten Sumbawa ini.

“harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan karnaval seperti ini, maka masyarakat dapat mengetahui keberagaman yang ada, dapat menjaga keharmonisan. Tau Samawa memiliki dasar yang religious, Adat Barenti Ko Sara, Sara Barenti Ko Titabullah”, ucap Pak Husni.

Sebelum pelaksanaan karnaval berlangsung, Dinas Pariwisata Provinsi NTB terlebih dahulu telah melaksanakan Workshop, dalam workshop ini para peserta diberikan pengetahuan terkait penggunaan barang bekas untuk kemudian dapat dijadikan kostum. Dan kostum inilah yang kemudian digunakan oleh para siswa SMA/SMK di Sumbawa dalam Karnaval atau pawai budaya.

Konsepnya memang berbeda dengan Swarnawastra, namun meski demikian, kostum yang dikenakanpun tidak kalah hebohnya. Sangat menarik perhatian masyarakat yang menonton dan juga para tamu yang hadir.

Karnaval ini sendiri diikuti oleh 21 kecamatan sekabupaten Sumbawa dan juga sekolah-sekola serta perwakilan kabupaten/kota di NTB.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.