Nikmati Ragam Atraksi Saat Festival Pesona Bau Nyale 2018

by Emen Ardiansyah

www.Genpilomboksumbawa.com, Mataram – Siapa yang tidak tergiur jika berbicara terkait destinasi pariwisata di Lombok? Semuanya akan mengacungkan tangan jika ditanyakan siapa yang ingin berkunjung ke Lombok. Mungkin kalau sekedar destinasi, khalayak sudah tahu keindahan alam Lombok, tapi belum banyak yang tahu terkait atraksi budaya yang ada di Lombok.

Bau Nyale, atau lebih dikenal dengan kegiatan menangkap cacing di laut. Merupakan salah satu aktivitas sakral yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Lombok. Kegiatan ini bukan sekedar kegiatan menangkap cacing, melainkan terdapat nilai historis yang begitu kuat dan melekat di dalam masyarakat yang hingga saat ini dikenal dengan cerita ‘Putri Mandalika’.

 Cerita Putri Mandalika secara singkat merupakan cerita tentang pengorbanan seorang putri cantik yang menjadi idaman para pangeran di jaman kerajaan dulu. Namun, untuk menghindari pertikaian yang mungkin dapat terjadi karena memperebutkan dirinya, maka sang putri memutuskan untuk mengorbankan dirinya ke laut. Cerita ini terus berkembang di dalam masyarakat Lombok, dan menurut ceritanya, semenjak kepergian sang putri, setiap tahunnya sang putri akan kembali namun dalam bentuk cacing. Sehingga sejak saat itulah pada setiap awal tahun masehi yang disesuaikan dengan penanggalan Sasak (suku asli Lombok), masyarakat berbondong-bondong akan berkumpul ke Pantai Selatan Pulau Lombok untuk menangkap cacing atau nyale. Maka dikenallah kegiatan ini dengan nama ‘Bau Nyale’.

Kegiatan Bau Nyale dari tahun ke tahun selalu berkembang. Berawal dari kegiatan tingkat RT, kegiatan tingkat dusun, tingkat desa, kabupaten bahkan hingga tingkat provinsi. Berbagai rangkaian kegiatanpun dilaksanakan, yang intinya berhubungan dengan adat masyarakat Lombok. Bahkan setiap tahunnya, selalu dilaksanakan ‘Pemilihan Putri Mandalika’ dan setiap tahunnya kegiatan puncak dari bau nyale selalu dilaksanakan di salah satu pantai di bagian selatan Pulau Lombok, yaitu Pantai Seger yang di mana di pantai ini juga terdapat Patung Putri Mandalika dengan tiga pangeran yang mengejarnya.

Pada tahun 2018 ini, kegiatan Bau Nyale telah ‘naik kelas’, jika pada tahun sebelumnya kordinasi kegiatan ini hanya setingkat Dinas Pariwisata NTB, namun pada tahun ini Bau Nyale telah menjadi bagian dari 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata, sehingga tingkat kordinasinya hingga Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Ini artinya, Bau Nyale tidak sekedar event untuk masyarakat lokal, melainkan bau nyale sudah seharusnya dijual lebih luas lagi untuk mendatangkan wisatawan nusantara hingga wisatawan mancanegara. Maka, dari segi nama kegiatanpun untuk tahun 2018 berubah menjadi Festival Pesona Bau Nyale 2018 dengan tema The Greatness Of Lombok Culture.

 Menurut keterangan yang didapat dari Kadispar NTB beberapa waktu lalu,Beliau mengungkapkan, terdapat proses panjang yang dilalui hingga akhirnya bau nyale mampu menjadi bagian dari 100 wonderful event kemenpar. Terdapat curator-kurator professional yang melakukan kurasi, dan tentunya ini merupakan suatu kebanggan bagi NTB.

Untuk meramaikan kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2018, Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata NTB, dan Pemerintah Daerah Lombok Tengah dengan bantuan beberapa pihak telah menyiapkan beragam rangkaian kegiatan, yang tentunya sangat menarik untuk dijadikan bagian dari pengisi waktu liburan selama berada di Lombok.

Rangakain kegaitan ini akan terpusat di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah dan kick-off kegiatan akan berlangsung pada 20 Februari 2018 berlangsung di Pantai Kuta-Mandalika, Pantai yang mulai disorot setelah Presiden Joko Widodo membuat vlog singkat yang ditemani oleh Bapak Gubernur NTB. Setelah kick-off, beragam kegaitan yang akan berlangsung adalah sebagai berikut :

  1. International Beach Volley Ball Competition
    Waktu              : 24 Februari – 4 Maret
    Lokasi              : Pantai Seneg – Lombok Tengah
    Pukul               : 08.00 wita
  2. Mandalika Ethno Performance
    Waktu              : 4 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seneg – Lombok Tengah
    Pukul               : 19.00 wita
  1. Mandalika World Music Festival
    Waktu              : 5 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seneg – Lombok Tengah
    Pukul               : 19.00 wita
  1. Surfing Contest
    Waktu              : 4 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seger – Lombok Tengah
    Pukul               : 08.00 wita
  2. Peresean
    Waktu              : 1 – 5 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seneg – Lombok Tengah
    Pukul               : 16.00 wita
  3. Culinary Festival
    Waktu              : 6 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seger – Lombok Tengah
    Pukul               : 16.00 wita
  4. Pemilihan Putri Mandalika
    Waktu              : 6 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seger – Lombok Tengah
    Pukul               : 20.00 wita
  5. Betandaq
    Waktu              : 6 Maret 2018
    Lokasi              : Pantai Seger – Lombok Tengah
    Pukul               : 22.00 wita
  6. Parade Budaya
    Waktu              : 5 Maret 2018
    Lokasi              : Kota Praya – Lombok Tengah
    Pukul               : 16.00 wita
  7. Mandalika Fashion Carnival & Lomba Foto
    Waktu              : 5 Maret 2018

Setelah berbagai rangkaian kegiatan setelah kick-off, maka kegiatan puncak akan berlangsung pada tanggal 6 Maret 2018 berlokasi di Pantai Seger, Lombok Tengah.

Penetapan malam puncak Festival Pesona Bau Nyale berdasarkan sangkep warge’ atau rapat penetuan tanggal pelaksanaan malam puncak yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh budayawan, tokoh adat dan sesepuh adat lainnya. Tanggal puncak pengambilan nyale jatuh pada tanggal 7 Maret 2018 dini hari.

Sehingga malam puncak diselenggarakan pada malam hari tanggal 6 Maret 2018. Dengan menampilkan beragam penampilan seperti Drama Kolosal Putri Mandalika, Penobatan Putri Mandalika, Tarian, Gendang Beleq serta hiburan lainnya.

Pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale ini merupakan momentum yang tepat untuk dijadikan waktu berlibur, karena pada memont ini para wisatawan bisa menikmati beragam atraksi, selain keindahan alam juga akan ditemani dengan pertunjukan-pertunjukan adat dan budaya, sehingga para wisatawan bisa mengenal Lombok lebih dekat lagi.

Pusat informasi terkait Festival Pesona Bau Nyale bisa diakses di :

Facebook :
Wonderful Lombok Sumbawa

Instagram :
@Genpilomboksumbawa
@Baunyale2018

Twitter :
@GenPINTB

Website :
www.genpilomboksumbawa.com
www.pesonalomboksumbawa.travel

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.