Seru Dan Santainya Rakornas Pariwisata I Tahun 2018

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Nusa Dua, Bali – Ada pemandangan yang berbeda saat pelaksanaan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I yang berlangsung pada Kamis (22/03/2018). Pemandangan yang berbeda ini terlihat dalam banyak hal. Baik layout venue utama, pakaian para tamu undangan, konsep kegiatan dan ditambah lagi dengan kehadiran ‘lapak’ dari Pasar Genpi yang merupakan percontohan dari Destinasi Digital.

Tema Digital Destination serta Nomadic Tourism nampaknya menjadi pemicu konsep kegiatan yang biasanya berlangsung formal ini menjadi lebih santai. Dalam kegiatan di hari pertama, para peserta kegiatan yang terdiri dari pejabat kementerian, perwakilan bupati / walikota serta perwakilan kadispar provinsi se Indonesia dianjurkan untuk menggunakan pakaian santai atau casual selama kegiatan. Bahkan tak pelak ada peserta yang begitu santai dengan hanya menggunakan celana pendek.

Sebelum kegiatan inti berlangsung, para peserta Rakornas terlebih dahulu diberikan kesempatan untuk melihat-lihat pasar Genpi yang merupakan percontohan dari destinasi digital yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata.

Suasana begitu santai, kehadiran pasar genpi dengan konsep yang tradisional membuat para peserta betah dan pastinya tidak dapat lepas dari gawai atau gadget nya karena tidak mau ketinggalan untuk berswafoto di setiap pasar genpi. Karena criteria utama dari pasar genpi adalah instagramable, sehingga tidak heran jika begitu banyak spot-spot foto yang tersedia di pasar genpi.

Hingga kegiatan inti berlangsung pun kesan santai tetap terasa. Jika kegiatan Rakornas biasanya mengharuskan peserta untuk menggunakan pakaian formal, atau menggunakan batik. Maka apa yang terjadi di hari pertama Rakornas ini sungguh berbeda. Bahkan Menteri Pariwisata, Bapak Arief Yahya hadir dengan menggunakan sweater hitam bertuliskan Wonderful Indonesia dengan warna keemasan.

Kehadiran Gita Gutawa sebagai pembuka dengan beberapa koreografi di awal kegiatan, seakan memberikan semangat bagi para peserta rakornas, ditambah dengan penataan lampu dan permainan layar yang kekinian semakin memberikan kenyamanan bagi para peserta. Hingga akhirnya kegiatan di hari pertama Rakornas ditutup dengan penampilan Tulus, yang menutup kegiatan Rakornas dengan suasana yang tetap seru dan santai.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.