MURI Tabuh 1000 Bedug, Menutup Rangkaian Pesona Khazanah Ramadhan

by Emen Ardiansyah

Bagaimana Puasa tahun ini? Semoga lancar dan tetap dalam kondisi sehat wal’afiat ya. Selama bulan Ramadhan, Lombok Nusa Tenggara Barat menggadakan sebuah kegiatan yang dikenal dengan “Pesona Khazanah Ramadhan” atau PKR 2018. Kegiatan yang berlangsung selama 1 bulan penuh ini terbilang sukses terselenggara sejak pertama kalinya ditahun 2017 lalu.

Beberapa rangkaian acara selama satu bulan penuh, mewarnai aktifitas jamaah Islamic Center Hubbul Wathan, dari Pesta Buku Islam & Bedah Buku yang sudah dimulai sejak 17 Mei – 9 Juni 2018, dari Pukul 11.00 – 19.00 WITA.

Pada Bazaar buku Islami yang diadakan selama Ramadhan ini, menghadirkan puluhan Penerbit Buku ternama yang berpartisipasi dengan memberikan diskon besar dan menawarkan judul-judul buku atau novel terbaru. Menghadirkan penulis novel best seller seperti; Habiburrahman El Shirazy dengan novel berjudul “Merindu Baginda Nabi”, Hanum Rais dengan novel berjudul “I’m Sharahza”, Asma Nadia dengan novel berjudul “Cinta Dalam Nama 99Mu”, Tereliye dengan novel berjudul “Pergi”, dan HTR dengan novel berjudul “Cinta Menggerakkan Segala”. Dan juga terdapat kegiatan Cerdas Tangkas 5 Pilar & FunScience.

Berikutnya, Lombok Travel Fair yang berlangsung pada tanggal 21 – 25 Mei 2018. Sebuah pameran wisata halal yang diramaikan oleh para pelaku Tour & Travel. Menawarkan berbagai paket menarik wisata ke destinasi-destinasi halal baik di Indonesia maupun di mancanegara. Kegiatan Talkshow , Kompetisi Sasak Hijab, dan Fashion Show dari perancang busana ternama pun meramaikan.

Selain itu Festival Dolanan Santri pun disiapkan bagi para pengunjung usia belia. Pameran aneka dolanan dari penjuru nusantara dan hasil karya anak santri yang akan diselenggarakan selama 5 hari. Terdapat pula permainan Islami “Cerdas Tangkas 5 Pillar” dan edukasi sains untuk anak-anak bertajuk “FunScience”. Acara ini digelar selama lima hari, sejak taggal 28, 29,30,31 Mei dan 01 Juni Juni 2018.

Bagi kamu yang suka Nonton Film Islami, ada juga sesi Nonton Bareng film-film bernuansa Islami. Sekaligus akan menghadirkan para  pemain Film tersebut untuk Meet & Greet dengan para penggemar. Adapun film yang akan  diputarkan diantaranya, The Power of Love 212 dan IQRO: Petualangan Meraih Bintang.

Pameran Khazanah Dunia Islam pun turut mengisi Pameran yang menghadirkan berbagai kesenian dan kebudayaan Islam dari berbagai penjuru  dunia sekaligus sekolah-sekolah Islam ter-favorit dan paket-paket beasiswanya. Tak hanya itu, selama pameran juga digelar bursa lowongan kerja loh.

Masih banyak lagi rangkaian acara lain selama satu bulan ini. Dan yang paling spektakuler adalah penutup dari Pesona Khazanah Ramadhan 2018 dengan pemecahan rekor MURI menabuh 1000 Bedug khas Lombok dengan Gendang Beleq, yakni sebuah alat musik tradisional Suku Sasak.

“Nantinya, Bedug atau Gendang Beleq ini dipukul oleh para remaja masjid se-Kota Mataram di sepanjang Jalan Langko sampai Jalan Pejanggik dari depan Islamic Center hingga Pajang. Para peserta akan memukul beduk secara bergantian sambil mengumandangkan takbir, tasbih dan tahmid” ungkap H. Moh Faozal. “Acara pukul beduk ini akan dimulai setelah shalat Isya waktu Kota Mataram, di Malam Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H”, lanjutnya lagi.

Di tahun sebelumnya, NTB telah memecahkan rekor MURI pawai takbiran dengan jumlah peserta 10 ribu orang se-Kota Mataram. Kini NTB kembali menggelar acara pukul bedug sebanyak 1000 unit sekaligus akan memecahkan rekor MURI.

Pemecahan rekor MURI ini akan ditutup dengan penampilan prima “Gilang Ramadhan Percussion”.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.