Tiba di Yogyakarta, Obor Asian Games Mulai Sapa Destinasi Wisata 

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksukbawa.com, YOGYAKARTA – Api obor Asian Games 2018 tiba di Tanah Air. Yogyakarta menjadi persinggahan pertamanya, Selasa (17/7). Nantinya,

ada 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi yang akan didatangi. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia pun akan disapa.

 

Api Asian Games 2018 diterbangkan dari New Delhi, India, menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara. Perjalanan ditempuh selama 11 jam. Perjalanan ini mendapatkan pengawalan dari pesawat tempur T50i. Rombongan pembawa api Asian Games mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

 

“Saya senang bisa membawa api Asian Games 2018 ini. Hal ini menjadi pengalaman luar biasa. Sejauh ini berjalan cukup lancar, meski sempat terkendala regulasi di bandara India. Namun, semua selesai dengan baik,” ungkap Duta Asian Games 2018 Susi Susanti.

 

Susi lalu menyerahkan api obor Asian Games kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, SE, MM. Ia didampingi Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.

 

Kedatangan obor Asian Games mendapat ceremony meriah. Ada sajian tari tradisional hingga aksi pasukan Keraton Yogyakarta. Ada juga pertunjukan barongsai dari TNI Angkatan Udara. Adrenalin semakin naik dengan aksi paramotor dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI). “Saya tentu berharap, api Asian Games ini menjadi simbol persahabatan Indonesia dan India,” jelas Susi Susanti.

 

Usai serah terima, api obor Asian Games 2018 dibawa menuju Museum Dirgantara Yogyakarta. Iring-iringan ini disambut meriah masyarakat. Mereka membaur bersama siswa-siswi Sekolah Akademi Militer TNI Angkatan Udara. Tidak sedikit yang sibuk mengabadikan momentum melalui kamera handphone.

 

Setelah diinapkan semalam, api Asian Games dari India ini akan dipadukan dengan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. “Penggabungan api dari India ini dengan api abadi Mrapen tentu menarik. Hal semakin menegaskan harmonisasi Indonesia dan India di berbagai lini,” tutur Susi lagi.

 

Setelah Yogyakarta, api obor Asian Games akan melewati daerah indah lainnya di Indonesia. Seperti Bali, Bukit Tinggi (Sumbar), Danau Toba (Sumut), Banyuwangi (Jatim), Solo, Bandung, Palembang, Mataram, bahkan hingga Raja Ampat (Papua Barat).

 

Berbagai treatment juga diberikan bagi api obor Asian Games terebut. Mulai dari dibawa menyelam, terjun payung, berkuda, dan lainnya.

 

Apresiasi pun diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menerangkan, kedatangan api obor Asian Games menaikan branding dari destinasi yang dikunjungi.

 

“Gema Asian Games ini luar biasa. Pergerakan api obor Asian Games ini menarik perhatian masyarakat. Baik lokal, maupun mancanegara. Sebab, semua media memberi porsi lebih dalam pemberitaan. Hal ini tentu bagus bagi branding destinasi tersebut. Kami optimistis, jumlah kunjungan wisman akan terus naik pada beberapa waktu ke depan,” pungkasnya. (*)

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.