Event

Ikuti Sail Moyo Tambora, Ini Destinasi Yang Wajib Dikunjungi

Genpilomboksumbawa.com, SUMBAWA – Event internasional, Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 semakin dekat. Perhelatan kelas dunia yang akan mengajak para pesertanya, eksplorasi keindahan alam Sumbawa dan Lombok. Selama dua pekan, yaitu tanggal 9 sampai 23 September. Para yachter peserta sail berasal dari 38 negara berbeda. Mereka akan kunjungi beragam destinasi.

Di dua pulau terbesar provinsi Nusa Tenggara Barat, Sumbawa dan Lombok, destinasi apa saja yang juga sangat direkomendasikan bagi siapa pun untuk dikunjungi?

Pantai Pantai Eksotis

Dua spot pantai yang akan menjadi venue dari rangkaian acara Indonesia Sail Moyo Tambora 2018, berada di Pantai Saliper Ate Sumbawa dan Pantai Senggigi Lombok.

Pantai Saliper Ate berada di kota Sumbawa Besar. Tepat seperti namanya, Saliper yang berarti ‘pelipur’ dan Ate yang berarti ‘hati’, pantai ini menjadi objek pelipur hati masyarakat Sumbawa.

Pantai Senggigi di ujung barat Lombok, ikon wisata pulau seribu masjid yang masih selalu berada di daftar kunjungan teratas. Senja berlatar siluet Gunung Agung Bali, deretan hotel dan resto berbintang, satu hal yang membuat Senggigi ramai dikunjungi. Baik oleh wisatawan mancanegara, juga wisatawan nusantara.

City Tour dan Culinary Program

Ada dua kompleks istana yang akan dikunjungi para yachter. Kompleks Istana Kerajaan Bima dan Kompleks Istana Kerajaan Sumbawa.
Kompleks Istana Kerajaan Bima memberikan pengetahuan lebih mendalam. Kisah-kisah kerajaan yang musnah, efek letusan maha dahsyat Gunung Tambora di lebih dari dua abad lalu. Tentu pula kisah keluarga besar kerajaan Kesultanan Bima sendiri yang masih terjaga sampai saat ini.

Kompleks Istana Kerajaan Sumbawa berada di jantung kota. Salah satu bangunan di kompleks ini menggunakan banyak kayu berhiaskan ukiran indah. Jejak dari kerajinan ukiran kayu berkelas. Warisan yang mengajarkan generasi saat ini, lebih peduli dan tak ragu menguasai keahlian seni ukir.

Di pekan yang sama, Program Kuliner di Pantai Saliper Ate Sumbawa, menghadirkan ragam kuliner nusantara. Kuliner khas Sumbawa dan Lombok pun tentunya tetap ada. Olahan ikan segar di Singang dan Sepat, berbagai sate serta kue-kue khas Sumbawa, Lombok dan penjuru Indonesia.

Budaya, Moyo, Pesona Mantar dan Tambora Nan Gagah

Sepekan di Sumbawa, destinasi wisata ikonik lainnya yang akan dikunjungi para yachter masih banyak lagi.
Siapa tak kenal Pulau Moyo? Pulau ini dikenal menjadi spot bulan madu almarhumah Lady Di, putri cantik dari Inggris. Pasangan Song Song dari negeri ginseng juga memilih pulau ini. Pun Rain dan pemeran Goblin, Gong Yo.

Di hari-hari pertama Indonesia Sail Moyo Tambora 2018, jika sebelumnya para yachter arungi lautan, di Volcano Tour Tambora mereka akan menikmati kaldera luas. Gunung tertinggi di Pulau Sumbawa ini miliki kaldera berdiameter 16 kilometer. Lingkaran tebing yang memutari kaldera, sediakan banyak titik-titik pendakian. Pintu pendakian dari pos sabana Doro Ncanga bahkan bisa mencapai bibir kaldera dengan menaiki jip.

International Paragliding Competition dilaksanakan di Desa Mantar, Sumbawa Barat. Desa di ketinggian ini begitu cantik. Hamparan rumput hijau dari barisan bukit, berlatar lengkung pantai nan biru. Highly recommend to visit.

Dua pekan, dari penyelenggaraan total 19 rangkaian acara Indonesia Sail Moyo Tambora 2018, pastinya juga suguhkan ragam budaya. Tiga ragam budaya suku terbesar di propinsi NTB, mewarnai serangkaian acara di event ini. Dou Mbojo di kabupaten Bima, Sabalong Samalewa di kabupaten Sumbawa dan Sasak Besopoq di gumi paer Lombok.

Yuk, discovery Moyo, Tambora dan Lombok. Di Sail Indonesia Moyo Tambora 2018, 9 sampai 23 September.

Emen Ardiansyah

Pastikan Bahwa Kerja Keras Kita, Bisa Membuat Bangsa Ini Bangga. Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa karya dan inspirasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button