Pulau Sumbawa

Pulau Moyo “Great Escape” Para Pesohor Dunia

Genpilomboksumbawa.com, Sumbawa – Mengeksplorasi Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB), sepertinya tidak ada habisnya. Terlalu banyak petualangan yang ditawarkan. Terlebih Sumbawa dikelilingi pulau-pulau yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Salah satu pulau yang paling fenomenal adalah Pulau Moyo. Surga tropis yang selalu menjadi incaran pelancong dunia. Bahkan tidak sedikit pesohor dunia yang memburu pulau ini. Sebut saja mendiang Putri Diana, David Becham, Maria Sharapova, Mick Jagger, Edwin van der Sar, serta baru-baru ini Rain dan Kim Tae Hee pernah berkunjung ke Pulau Moyo. Maka tidak salah jika Pulau Moyo sangat terkenal sebagai “Great Escape” para bintang dan selebritis dunia.

“Soal destinasi Sumbawa memang jagonya. Alamnya tak perlu diragukan, selalu menjadi incaran wisatawan dunia. Makanya ada Festival Pesona Moyo yang saat ini sedang digelar untuk mempromosikan Pulau Moyo,” Ujar Menteri pariwisata Arief Yahya, Minggu (16/9).

Berkunjung ke Pulau Moyo berarti melakukan perjalanan secara komplit. Ya, Pulau Moyo menawarkan destinasi wisata lengkap mulai dari hutan tropis, lautan yang indah, air terjun yang memukau, serta pemandangan bawah laut yang mempesona.

Untuk urusan air terjun misalnya, siapa sih yang tidak mengenal air terjun Mata Jitu? Sebuah air terjun ternama di Pulau Moyo. Hijaunya pepohonan di sekitarnya, aliran air terjun, kolam-kolam alami bertingkat menjadi paket komplit dari keindahan air terjun Mata Jitu itu sendiri.

Air Terjun Mata Jitu dapat dicapai dengan memggunakan ojek dari Desa Labuan Aji. Tarifnya Rp 100.000, dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit. Dan ini termasuk biaya retrebusi kas desa loh.

Mau jalan kaki biar lebih sehat juga oke. Paling sekitar 1 jam. Tentu ini tidak akan terasa karena kamu akan disuguhi pemandangan keren serta rindangnya hutan selama perjalanan.

“Nah jangan lupa menuju Queen Waterfall yang berjarak 10 menit dari air terjun Mata Jitu. Disinilah Lady Diana pernah menghabiskan waktunya ketika berlibur ke Pulau Moyo,” ungkap Menpar.

Di Pulau Moyo juga ada Air Terjun Diwu Mbai yang tak kalah serunya. Di Air Terjun Diwu Mbai anda bisa mandi sepuasnya di air yang sangat jernih dan segar. Ada tali yang bisa anda gunakan untuk lompat dari ketingggian. Ala-ala tarzan gitu deh. Seru banget pokoknya.

Yang hobby pantai, sudah pasti akan terpuaskan. Segudang pantai kece dan alami dipastikan akan membuat mu makin betah. Selain itu pantainya pun tergolong sepi. Pokoknya terasa seperti pantai pribadi.

Begitu juga dengan pemandangan alam bawah lautnya. Yang hanya dengan snorkeling saja, kamu sudah bisa melihat terumbu karang yang indah dengan ikan-ikannya berbagai jenis. Beberapa pantai yang bisa anda kunjungi antara lain Pantai Satu, Pantai Ai Manis, Tanjung Pasir, Brang Sedo, dan masih banyak lainnya.

Soal aksebilitas tak perlu khawatir. Kamu tinggal menyewa boat dari Pulau Sumbawa dengan tarif Rp 1,5 hingga Rp 2 juta. Boat ini dapat menampung 8-10 penumpang. Pas kan kalau travelingnya rame-rame.

Yang mau backpackeran juga bisa.
Alternatifnya adalah dengan mengikuti perahu warga yang rutin mengantar warga dari Pulau Moyo berbelanja atau berjualan ke Pasar di Sumbawa. Untuk yang satu ini, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 50 ribu.

Perahu ini berangkat dari Dermaga Muara Kali yang terletak di Labuhan Sumbawa. Tetapi perahu ini hanya melakukan perjalanan satu kali dalam satu hari. Yakni pkul 11.00 WITA dari Pulau Sumbawa, serta pukul 06.00 pagi dari Pulau Moyo.

“Soal aksebilitas gak perlu ragu. Ada Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Sumbawa. Jadi sangat mudah untuk bisa menjangkau Pulau Moyo,” kata Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Kemenpar, Ricky Fauzi.

Amenitasnya juga ok. Ada banyak home stay dan cotagge di Pulau Moyo. Harganya pun murah, antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu. Bahkan jika kamu mau kamping juga bisa.

“Pokoknya jangan mengaku traveler kalau belum pernah ke Pulau Moyo. Makanya segera agendakan. Dijamin bakal seru,” pungkas Ricky. (Kurniawan W/Genpi)

Emen Ardiansyah

Pastikan Bahwa Kerja Keras Kita, Bisa Membuat Bangsa Ini Bangga. Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa karya dan inspirasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button