Lagi, NTB Terpilih Sebagai Tujuan Wisata Halal Terfavorit dalam ASR 2018

by Jackysan

www.GENPILOMBOKSUMBAWA.com, JAKARTA — Destinasi Wisata Halal yang menjadi andalan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak tahun 2015 lalu kini kembali merahi juara. NTB terpilih sebagai Tujuan Wisata Halal Terfavorit dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Pemberian penghargaan diterima secara langsung oleh Wakil Gubernur NTB 2018 Hj Sitti Rohmi Djalilah dalam malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel JW Marriott Kuningan Jakarta, Kamis (8/10). Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Direktur Utama Republika Agoosh Yoosran.

Terkait metode pemilihan pemenang, Ketua Pelaksana ASR 2018, Elba Damhuri, mengungkapkan, Republika membuka polling kepada publik untuk memilih provinsi mana yang ramah terhadap wisata Muslim. Dengan nominator lebih dari 30 provinsi di Tanah Air. Publik yang pernah dan sudah melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata tentu bisa membandingkan mana yang ramah dan belum ramah terhadap wisatawan Muslim.

“Ukurannya bisa dilihat dari informasi tentang restoran dan kuliner yang halal, hotel yang ramah Muslim, penunjuk waktu dan arah sholat di hotel, informasi area masjid yang mudah, hingga kualitas layanan terhadap wisatawan,” kata Elba Damhuri.

Dalam voting yang digelar Republika selama sepekan (30 Oktober – 5 November 2018), NTB menyisihkan 13 provinsi lainnya yang masuk kategori tujuan wisata halal Dari total suara masuk, voting untuk NTB mencapai 38 persen, disusul Aceh (27 persen), dan Sumatra Barat (23 persen).

Provinsi-provinsi lain yang juga tercatat dalam “Voting Destinasi Halal Terfavorit” lainnya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatra Utara, Riau-Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Banten, dan Sumatra Selatan.

Nampak hadir menyaksikan penganugerahan itu antara lain, Ketua Dewan Syariah Nasional Dr. H. Ma’ruf Amin, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Menteri Agraria dan tata Ruang Sofian Djalil, Menteri Perencanaan Pembagunan dan kepala Bapenas Bambang Soemantri Brojonegoro, Komisaris Utama Republika Erick Tohir dan Pemred Arif Djunaidi.

Sementara itu dari NTB Wagub nampak didampingi Kepala Dinas Pariwisata NTB, Moh Faozal dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Fauzan Zakaria.

“Bagi kami ini adalah penghargaan terhadap upaya kerja bersama semua pihak yang telah berkontribusi terhadap pariwisata NTB. Masyarakat, pelaku pariwisata dan tentu saja pemerintah,” ujar Fauzan Zakaria di sela-sela acara.

Karena itu kedepan sinergi dan kolaborasi semua stakeholder pariwisata NTB harus ditingkatkan. Sehingga pembangunan pariwisata NTB terus tumbuh dan mensejahterakan warga di masa mendatang.

“Apa yang telah kita raih ini harus kita tingkatkan. Karena itu kami di BPPD NTB mengajak semua pihak untuk bersatu berkolaborasi demi pariwisata NTB,” pungkasnya.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.