Selepas Famtrip, GenPI Lombok Sumbawa Siap Gelar Jambore Di Atas Awan

by Emen Ardiansyah

www.Genpilomboksumbawa.com, Sumbawa – Baru saja usai mengeksplorasi ragam destinasi wisata Pulau Lombok dalam rangkaian Familiarization Trip (Famtrip), kini Generasi Pesona Indonesia Lombok Sumbawa (GenPI LS) akan mengeksplorasi salah satu destinasi populer di Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Bukit Mantar atau dikenal juga sebagai Desa Di Atas Awan dengan difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat (Disbudpar KSB) yang akan berlangsung pada tanggal 8-9 Desember 2018.

Disbudpar KSB sangat mengapresiasi langkah-langkah GenPI LS dalam memromosikan destinasi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) sehingga Disbudpar KSB berusaha mendukung setiap langkah tersebut salah satunya melalui pelaksanaan Jambore GenPI LS yang pelaksanaannya ditentukan bertepatan dengan Festival Pesona Mantar.

“Kegiatan Jambore GenPI LS ini merupakan salah satu bentuk dukungan Disbudpar KSB dalam mendukung langkah GenPI LS. Mereka (Disbudpar,read) sangat ingin agar GenPI LS bisa berkunjung langsung dan menikmati keindahan salah satu destinasi populer di KSB, dan akhirnya diinisiasikanlah Jambore GenPI LS ini”, ungkap Dudi selaku koordinator GenPI di Pulau Sumbawa.

Desa Mantar sendiri merupakan destinasi yang sudah cukup terkenal sebagai pilihan berlibur di KSB, atraksi utamanya adalah pemandangan alam dari ketinggian. Mantar juga disebut sebagai ‘Desa Di Atas Awan’ karena di saat mentari terbit, kumpulan awan akan menyelimuti sekitar daerah pedesaan dan menghalangi pemandangan di bawahnya. Mantar juga pernah mengadakan kegiatan International Paragliding beberapa tahun lalu, hal inilah yang membawa nama Desa Mantar menjadi mulai dikenal dan hingga saat ini aktivitas paragliding masih terus digalakkan.

Dilaksanakannya Jambore GenPI yang rencananya akan diikuti oleh sekitar 30 orang member dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa ini juga memiliki beberapa maksud lain. Pertama, selain mengenalkan Mantar pada member GenPI LS, Disbudpar KSB juga ingin agar member GenPI LS bisa turut meramaikan pelaksanaan Festival Mantar 2018 yang berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan jambore. Kedua, Disbudpar KSB juga ingin mengadakan sharing session berupa pelaksanaan workshop terkait Strategi Promosi Melalui Media Sosial yang diharapkan akan disampaikan oleh perwakilan GenPI LS.

“Jadi, selain berkemah di Mantar dan meramaikan pelaksanaan Festival Mantar 2018, Disbudpar KSB juga ingin agar GenPI dapat berbagi terkait strategi promosi melalui media sosial kepada pihak Disbudpar. Nanti akan digelar semacam workshop disela-sela kegiatan, dan dari pihak GenPI LS lah yang akan memberikan paparannya”, lanjut Dudi.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.