Pulau Sumbawa

Gubernur NTB ‘Pamer’ Wajah Samota, Surga Baru Pariwisata Pulau Sumbawa

Genpilomboksumbawa.com – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah kian getol menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan pariwisata NTB secara menyeluruh. Setelah beberapa waktu lalu gubernur yang akrab dengan sapaan Bang Zul ini membuka rute baru penerbangan Lombok – Labuan Bajo serta Lombok – Perth, Australia. Kini, untuk pariwisata Pulau Sumbawa, Bang Zul memromosikan kawasan segitiga penuh eksotisme yang dikenal dengan nama SAMOTA yang merupakan akronim dari Teluk Saleh, Pulau Moto dan Gunung Tambora.

Kawasan Samota merupakan kawasan pariwisata terintegrasi yang ada di Pulau Sumbawa yang mengkombinasikan wisata bahari hingga wisata alam pegunungan. Destinasi yang menjadi unggulan dari kawasan inipun merupakan destinasi kelas dunia yang sudah menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman), seperti Pulau Moyo yang terkenal dengan air terjun di tengah hutannya, Gunung Tambora yang terkenal dengan sejarah letusannya pada tahun 1815, dan Teluk Saleh yang perlahan mulai dipromosikan karena keindahan pemandangan bawah lautnya.

Bang Zul pun melalui akun instagram pribadinya (@zulkieflimansyah) pada minggu (16/12/2018) mulai memperlihatkan wajah kawasan Samota saat ini melalui sebuah video dengan durasi tidak lebih dari 120 detik. Menurutnya, Samota merupakan salah satu dari banyaknya destinasi penuh pesona yang tersebar di NTB selain destinasi yang telah populer di Pulau Lombok.

“Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora adalah contoh bahwa banyak destinasi wisata bertabur pesona  di Nusa Tenggara Barat, selain yang telah populer dan tersebar di Pulau Lombok”, tulis Bang Zul dalam caption video.

Tidak hanya itu, destinasi yang pernah menjadi lokasi utama pelaksanaan kegiatan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 inipun juga dijuluki sebagai “Surga” nya pariwisata Pulau Sumbawa, karena memiliki Akuarium raksasa yang disesaki dengan segala jenis biota laut, memiliki padang savana, serta keindahan kalderan dan air terjun yang dimilikinya.

“Seperti apakah apakah gambaran “surga” wisata yang merupakan kombinasi akuarium raksasa yang disesaki segala jenis biota laut, pulau berkontur pegunungan berhiaskan savana, kaldera dan air terjun setinggi 15 meter dengan 12 kolam bertingkat, situs/diving point habitat alami ikan Pari Manta, Hiu Sirip Hitam dan Sirip Putih ini?”, tulis Gubernur asal Kabupaten Sumbawa ini pada akhir caption nya.

Emen Ardiansyah

Pastikan Bahwa Kerja Keras Kita, Bisa Membuat Bangsa Ini Bangga. Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa karya dan inspirasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button