Berita

Obrolin Strategi Promosi Pariwisata, Genpi Lombok Sumbawa dan Nutrifood Adakan Community Gathering

Harus kita akui bersama bahwa pasca terjadinya gempa dan kenaikan harga tiket pesawat beberapa waktu lalu membuat pariwisata Lombok Sumbawa terlihat lesu. Meski belakangan mulai menggeliat dan bangkit kembali, namun belum sepenuhnya pulih seperti di setengah tahun 2018 lalu.

Seiring dengan mulai bangkitnya pariwisata Lombok Sumbawa, banyak bermunculan destinasi-destinasi wisata baru di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Destinasi-destinasi ini menjadi tujuan baru traveling para milenials dan berburu foto alam yang instagramable. Keberadaan destinasi ini menjadi angin segar pasca kebangkitan dari keterpurukan.

Destinasi Wisata Baru Dukung Bangkitnya Pariwisata Lombok

Munculnya destinasi-destinasi baru yang viral di media sosial membuktikan bahwa Lombok Sumbawa tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi. Pesona Lombok Sumbawa sesungguhnya memang tak pernah hilang, justru bertambah.

Ditemukannya beberapa destinasi baru ini tak lepas dari peran milenials yang tergabung dalam komunitas-komunitas online maupun offline yang aktif menjelajah dengan tujuan yang beragam.

Seperti Komunitas 1000 Guru Lombok misalnya, mereka menelusuri hutan, gunung dan pantai di Lombok untuk menemukan sekolah-sekolah terpencil untuk menjadi pengajar dan membawa bantuan materil dan moril. Dalam perjalanan inilah, mereka menemukan spot-spot alam dengan pemandangan yang indah dan sangat layak untuk dinikmati. Baik secara langsung maupun lewat hasil jepretan kamera di sosial media.

BACA LAGI: Diskusi Pariwisata Genpi NTB & Lombok Sumbawa Travel

Secara langsung dan tidak langsung, aktifitas ini turut mempromosikan keindahan Lombok. Begitu juga dengan komunitas lainnya yang rata-rata diisi oleh generasi milenial yang aktif menjelajah alam serta aktif di sosial media. Mereka secara massif menyebarkan pesan-pesan kebaikan lewat unggahan-unggahan pemandangan yang indah.

Melihat hal itu, Pasar Botani yang merupakan destinasi digital-nya Genpi Lombok Sumbawa bersama W’dank dari Nutrifood, menggelar Community Gathering. Di acara ini, yang diundang merupakan komunitas-komunitas di Lombok Sumbawa. Aktifitas utama, para perwakilan komunitas berdiskusi sembari menikmati produk baru dari W’Dank yakni W’Dank Lokalate Kopi Durian.

Sepuluh Komunitas di Gathering Genpi NTB

Community Gathering yang diadakan Minggu (10/03) di Pasar Botani, dikenal juga sebagi Narmada Botanic Garden, berhasil mendatangkan beberapa komunitas. Komunitas-komunitas ini selalu aktif di social media (online), maupun acara-acara offline.

Earth Hour Lombok, Lombok Phonegraphy, Bonek Lombok, Himpunan Mahasiswa HI Unram, 1000 Guru Lombok, Blogger Lombok, Net Good People Lombok adalah beberapa diantara komunitas yang hadir. Mereka juga ikut sharing tentang hal-hal terkait komunitas mereka dan pariwisata Lombok Sumbawa. Semakin seru karena Adit dari @FriendlyLombok serta Dion yang merupakan manajer nutrifood chapter Lombok menjadi narasumber yang membagikan pengalaman mereka dalam hal konten media social dan online marketing.

BACA LAGI: Artis Verrel Bramasta Ajak Keluarga Liburan ke Pasar Botani

Tentu ini adalah momen yang tepat untuk merencanakan kolaborasi-kolaborasi selanjutnya untuk memajukan dunia pariwisata Lombok Sumbawa. Karena itulah di akhir kegiatan peserta bersepakat untuk kembali membicarakan perihal kolaborasi selanjutnya dalam hal membuat event atau membuat konten yang menarik, tentunya yang berkaitan dengan pariwisata Lombok dan Sumbawa .

Genpi LS

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) adalah komunitas volunteer yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI. GenPI lahir berawal dari relawan pariwisata Wonderful Lombok Sumbawa yang termotivasi untuk meningkatkan peran digital dalam promosi pariwisata melalui media sosial. Read more...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button