Malam Puncak Selebrasi Earth Hour Mataram Peteng 2019 Berlangsung Semarak

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Mataram – Malam puncak selebrasi gerakan Earth Hour di Kota Mataram berlangsung semarak. Kegiatan ini berlangsung di pusat Kota Mataram lebih tepatnya di Lapangan Sangkareang, Sabtu (30/3/2019) malam. Earth Hour sendiri merupakan sebuah aksi global hemat energi yang diinisiasi oleh WWF yang mengusung tema global #Conect2Earth.

Kegiatan seremonial Earth Hour di Kota Mataram diinisiasi oleh komunitas Earth Hour Mataram, yang telah melaksanakan selebrasi pemadaman listrik sebanyak enam kali dari sebelas kali pelaksanaan selebrasi secara global dengan waktu pelaksanaan di minggu akhir bulan maret dan berlangsung secara serentak di seluruh dunia.

#MataramPeteng selalu menjadi tema besar yang diangkat dalam setiap pelaksanaan selebrasi Earth Hour di Kota Mataram. #MataramPeteng mengandung makna ‘Mataram Gelap’ yang merupakan perwujudan dari pelaksanaan Earth Hour di mana beberapa titik di Kota Mataram akan memadamkan lampu selama 60 menit dimulai pada pukul 20.30. 

Dalam Selebrasi Earth Hour #MataramPeteng 2019 Komunitas Earth Hour Mataram bekerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram, Kementerian LHK dan PT.Angkasa Pura 1 serta turut diramaikan dengan partisipasi beberapa komunitas pemuda yang  tergerak mengikuti Greeneration Festival 2019 sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang ada.

Dalam kegiatan ini, beberapa institusi, komunitas dan sponsor berpartisipasi dengan menggelar bazaar di lokasi acara. Mereka yang berpartisipasi dalam bazaar antara lain STP Mataram, Komunitas Lombok Phonegraphy, IDX (Bursa Efek Indonesia),The Griya Lombok Paper Art Gallery, WWF, Hi-Lo Chocolate Avocado (Nutrifood), Kuaci Rebo dan Beauty Moringa Sasambodom.

Rangkaian kegiatan selebrasi Earth Hour #MataramPeteng 2019 dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi sore dan sesi malam. Sesi sore dimulai sejak  pukul 16.15 WITA. Dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti Sambutan Koordinator Earth Hour Mataram, Lomba Mading 3D, Perkusi, Fun Eco Brick, Beatbox, Music Performance dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba pada pukul 17.50 WITA.

Untuk sesi malam, kegiatan diawali dengan sambutan Koordinator Earth Hour Kota Mataram, Sambutan Ibu Rusyda Deli selaku Perwakilan WWF Indonesia, Sambutan Bapak Irwan Rahadi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Perkenalan Earth Hour dan Penampilan Capoeira.

Dalam sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Irwan Rahadi mengakui bahwa kegiatan Earth Hour ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Mataram dalam bidang lingkungan, sehingga Irwan Rahadi turut mengajak masyarakat untuk mengikuti aksi positif ini.

“Pemerintah Kota Mataram sedang fokus pada masalah-masalah terkait lingkungan terutama pengelolaan dan pengurangan sampah dan kegiatan ini merupakan salah satu aksi pendukungnya. Untuk itu, mari turut serta dalam aksi positif ini, mari matikan lampu yang tidak diperlukan cukup selama 1 jam”, ungkap Irwan.

Menuju ‘Switch Off‘ atau pemadaman serentak ditandai dengan dinyalakannya lilin bertuliskan 60+ yang dilakukan secara bersama oleh Koordinator Earth Hour Kota Mataram, Perwakilan WWF Indonesia, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram dan dilanjutkan dengan hitungan mundur menuju waktu pemadaman yaitu pukul 20.30 WITA.

Selama pemadaman berlangsung, pengunjung yang mendatangi lapangan sangkareang turut mengabadikan momen menggunakan ponsel pribadinya. Beberapa kegiatan pun turut dilaksanakan untuk mengisi waktu pemadaman. Monolog, Perkusi, Musik Akustik serta Fire dance merupakan deretan hiburan yang disajikan hingga ‘Switch On’ atau kegiatan ditutup pada pukul 21.30 WITA.

You may also like

Leave a Comment