Tambora Geopark berubah menjadi Geopark Internasional

by bunsal

www.GENPILOMBOKSUMBAWA.com –Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Dompu yang ke-204, Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan Festival Pesona Tambora di Savana Doro Ncanga, Kec. Pekat, Kab. Dompu, Kamis (11/4/2019). Acara ini dimeriahkan juga dengan kehadiran artis Ibu Kota, Helena Indonesian Idol, serta berbagai atraksi tarian juga akan dipertunjukkan di puncak Festival Pesona Tambora (FPT) ini.

Festival Pesona Tambora yang digelar di savana kali ini masih seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu menampilkan kebudayaan unik khas Bima dan Dompu seperti tari-tarian dan iringan musik tradisional. Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah membuka acara Festival Pesona Tambora 2019 mengatakan optimis bahwa Festival Pesona Tambora akan mampu menjadikan Tambora sebagai Geopark Internasional.

“Melihat anak-anak menari dengan ceria hingga membuat saya merasakan bahwa ini merupakan replika kita mewujudkan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang gemilang. Pada bulan Juni nanti Tambora Geopark Nasional akan berubah menjadi Geopark Internasional,” ungkapnya.

Gubernur NTB juga menjelaskan salah satunya untuk mewujudkan NTB yang gemilang yaitu, yang pertama dengan memastikan NTB khususnya Kabupaten Dompu menjadi kawasan hangat, nyaman, ramah bagi investman. Lalu yang kedua, nyaman dan menyenangkan untuk visiters. Yang terakhir yaitu, masyarakat mampu menikmati keindahan negeri sendiri.

Nama Tambora juga sangat familiar pada bisnis dan komunitas internasional, hingga Tambora pernah menggetarkan dunia dan terjadi kemajuan seperti sekarang ini. Acara Festival Pesona Tambora (FPT) ini juga guna mengenang meletusnya Gunung Tambora pada tahun 1815. 

“Kita mampu mengguncangkan dunia sekali lagi seperti Tambora,” tutup Gubernur.

Festival Pesona Tambora 2019 ini memang sangat menarik, persiapan matang pun dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB yang didukung penuh oleh pemerintah kabupaten Dompu. Antusias masyarakat juga cukup besar.Tidak hanya kalangan millenial, namun keluarga kecil banyak yang mempersiapkan diri untuk menyambut acara yang spektakuler ini.

Hadir dalam acara Festival Pesona Tambora 2019 ini Gubernur Nusa Tenggara Barat beserta istri, Walikota Bima, Bupati Kab. Dompu, Wakil Bupati Kab. Dompu, Kapolres Dompu, Sekda Kab. Dompu, Forum Komunikasi Daerah Kab. Dompu dan para tamu undangan.

Kontributor: Fitri – GenPI KSB

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.