Event

Imam Besar Maroko, Jordania dan Mesir kembali di Pesona Khazanah Ramadhan Lombok

Rabu 8 Mei, dua hari lalu, rapat persiapan pelaksanaan event Khazanah Ramadhan 2019 digelar. Koordinasi lintas dinas, panitia inti serta stakeholder pariwisata Lombok, memantapkan ragam rangkaian kegiatan selama sekitar sebulan penyelenggaraan. Tepatnya dimulai sejak 5 Mei lalu, sampai dengan 4 Juni 2019 nanti.

Seremoni pembukaan resmi sendiri akan dilaksanakan Sabtu, 10 Mei besok sore. Seremoni berlangsung di area bazaar Pesona Khazanah Ramadhan, yaitu di kompleks Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Rapat Persiapan Pesona Khazanah Ramadhan 2019
Rapat Persiapan Pesona Khazanah Ramadhan 2019

Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini menjadi satu dari empat event pariwisata di NTB yang masuk CoE (Calendar of Event) Kemenpar. Masih dibalut euphoria diraihnya kembali penghargaan ‘Halal Tourism’, tema ‘Perkuat Silaturahmi Untuk Persatuan Bangsa’ menjadi ghirah event rutin tahunan ini. Nuansa kental islami menghiasi sepanjang perhelatan acara.

Sebagian yang tergambarkan di rapat persiapan, tahun ini diharapkan kenaikan angka pengunjung. Dimana gate utama kini ditempatkan di ruas jalan raya, yaitu Jalan Langko, sisi selatan. Bukan lagi melalui pintu utama kompleks Islamic Center di Jalan Udayana, atau sisi timur. Dua pintu masuk utama ini memungkinkan meluasnya kesempatan banyak orang, berkunjung ke event Pesona Khazanah Ramadhan.

Kenaikan angka pengunjung juga didukung beragamnya acara selama event. Disamping kehadiran para Imam Besar dari negara-negara Islam di Timur Tengah (Maroko, Jordania dan Mesir). Imam Besar ini akan mengimami jemaah tarawih di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center. Siaran langsung dari sholat tarawih ini ditayangkan di akun fanpage facebook Islamic Center NTB.

Ada keunikan lainnya yang dipersiapkan di Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini. Satu arena khusus dipersiapkan untuk Festival Kedeqan Santri. Kedeqan di sini berarti permainan tradisional khas Lombok. Kalian yang kangen permainan tradisional masa kecil, harus banget kunjungi dan turut berinteraksi di event unik ini.

Gawe sebulan penuh ini tentunya juga dilengkapi beragam paket pariwisata lainnya. Bazaar tour travel dan hotel-hotel berbintang di Lombok hadir dengan paket-paket tur menarik. Paket-paket tur ini akan membawa wisatawan menyusuri jejak sejarah kehadiran Islam di pulau Lombok. Ada pula diskon-diskon staycation menarik dari akomodasi terkait. Baik itu di hotel-hotel favorit, juga di restoran-restoran atau spot kuliner di ibukota propinsi, kota Mataram.

Jadi, jangan lewatkan momen istimewa ramadhan di Lombok. Keunikan dan warna-warna Islam dari empat kabupaten di Lombok serta kota Mataram, juga lintas budaya (music serta budaya masyarakat keturunan Arab, serta Lombok umumnya) akan hadir selama Ramadhan 1440 Hijriah. Di Gumi Seribu Masjid, peraih penghargaan destinasi wisata halal terbaik Indonesia, juga dunia.

Genpi LS

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) adalah komunitas volunteer yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI. GenPI lahir berawal dari relawan pariwisata Wonderful Lombok Sumbawa yang termotivasi untuk meningkatkan peran digital dalam promosi pariwisata melalui media sosial. Read more...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button