Pulau Lombok

Mengisi Waktu Libur Sekolah ke Seruni Mumbul : Kec. Pringgabaya, Lombok Timur

Pulau Lombok tidak hanya dikenal dengan deretan pantainya yang indah, air terjunnya yang cantik dan Gunung Rinjaninya yang megah. Tapi disisi lain, Pulau Lombok juga memiliki destinasi wisata yang kekinian alias destinasi Jaman Now yang sedang ngehits di dunia instagram. Jumlah juga sudah semakin menjamur. Sebagai contoh Pasar Pancingan yang berada di Desa Bilebante, Narmada Botanic Garden di Narmada, Bukit Tiga Rasa di Gunung Sari dan satu destinasi yang menjadi perhatian kali ini yaitu Seruni Mumbul yang berada di Lombok Timur.

Seruni Mumbul berlokasi di Desa Seruni Mumbul, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Kurang lebih 60 menit waktu tempuh dari Kota Mataram menuju Kecamatan Pringgabaya. Kalian bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Mandalika, Bertais, Kota Mataram. Bisa juga menggunakan kendaraan sewa atau pribadi baik roda dua maupun roda empat. Jalurnya pun sama kalau kita akan menuju penyeberangan ke Gili Kondo, Bidara dan Petagan, Lombok Timur.

Meskipun nama kerennya Seruni Mumbul, Tapi banyak juga warga menyebutnya dengan nama Dende Seruni karena konon disini dulunya adalah tempat permandian putri cantik bernama Dende Seruni. Percaya tidak percaya, begitulah cerita dari warga disini.

Seruni mumbul merupakan sebuah rawa atau telaga yang dipercantik oleh warga sekitar desa. Tidak tanggung-tanggung, mereka membuat tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga. Siapa saja bisa datang kesini bersama keluarga, teman dan gebetan.

Jalan setapak yang terbuat dari kayu menjadi akses kita menyusuri tempat ini dari ujung ke ujung. Tiket masuknya juga cukup murah. Hanya 5 ribu rupiah per orangnya, kita sudah bisa mengexplore Seruni Mumbul. Bagi kalian yang akan berencana datang kesini, wajib hukumnya membawa kamera yang kualitas fotonya bagus. Sayang sekali kalau kesini gak fotoan. Banyak sekali spot-spot foto yang bisa kalian pamerkan di instagram.

Selain tempatnya yang instagramable, air telaganya juga bening sekali. Bagi kalian yang ingin berkeliling sekitar telaga, bisa menyewa perahu yang disiapkan oleh pengelola. Untuk bayarnya per orang dikenakan 2 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Setelah eksis foto-foto dan berkeliling Seruni Mumbul, pasti capek kan?. Kalian bisa duduk sambil santai-santai di kursi kayu yang sudah disiapkan. Bersantai sejenak sambil menikmati panorama alam dari Seruni Mumbul.

Paling enak datang kesini saat sore hari. Selain tidak panas, udara di sekitar Seruni Mumbul juga sangat sejuk dan kita juga bisa menunggu waktu senja tiba.

Yang kelaperan atau kehausan, jangan khawatir. Di dalam area Seruni Mumbul ada pedagang makanan dan minuman ringan yang harganya terjangkau. Tapi ingat, setelah makan atau minum, sampahnya dibuang di tempatnya.

Jadi gimana, kalian tertarik ke Seruni Mumbul ?. Mumpung libur anak sekolah sudah tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh Seruni Mumbul. Apalagi sekarang sudah memasuki musim libur anak sekolah. Tidak ada salahnya dong, bagi para bapak-bapak dan ibu-ibu yang doyan jalan, bisa tuh ajak anak-anak kalian liburan ke Seruni Mumbul. Tidak hanya jalan ke mall saja, tapi Seruni Mumbul bisa menjadi destinasi liburan rekomendasi buat keluarga kalian.

Penulis : Lazwardy Perdana Putra

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button