Saat Genpi Jumpa Genposting : Kolaborasi Itu Asik

by bunsal

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah menghadirkan peradaban baru. Perubahan hampir terjadi pada setiap segi kehidupan. Muncul realitas maya dan masyarakat maya yang disebut netizen.

Muncul generasi millenials yang ditakuti oleh banyak pihak khususnya dunia bisnis. ‘Millenials kill everything’ bukanlah jargon, melalui internet, khususnya sosial media millenials menghadirkan perubahan dan gerakan perubahan.

Genposting di Banyuwangi

Kolaborasi menjadi kunci keberhasilan pada era komunikasi 4.0. Genpi berkesempatan hadir dan sharing pada acara Genposting di Aula Pelinggihan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Kamis 25 juli 2019. Sungguh forum yang luar biasa.

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) menyadari bahwa konten positif sangat penting pada era komunikasi 4.0. Septriana Tangkari, Direktur Komunikasi dan Informasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kominfo dalam sambutannya menyatakan, melalui media sosial generasi muda dapat menciptakan konten konten yang kreatif dan inovatif. Hal yang sederhana namun dapat meningkatkan kemajuan dan perekonomian daerah.

Hal ini ditegaskan juga oleh Henri Subiakto, Staf Ahli Menteri Kominfo bidang hukum. Bahwa teknologi komunikasi dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal termasuk mengenalkan dan mengembangkan pariwisata daerah. Hal ini juga didukung oleh Rulli Nasrullah, yang akrab dipanggil Kang Arul, bahwa postingan baik akan menghasilkan efek yang jauh lebih baik.

Sementara itu Ketua Harian Nasional Genpi, Siti Chotijah — yang sering dipanggil Mbak Jhe, menggaris bawahi bahwa sosmed tidak melulu pada konten namun juga strategi. Jika dua hal ini digabungkan maka akan melipatgandakan efek. Mulailah dari hal hal kecil namun memberi efek seperti menyertakan hestek dalam postingan dan memberi kontribusi misalnya melalui review.

Forum ini menjadikan semangat baru bagi netizen Banyuwangi untuk semakin mengoptimalkan sosial media dalam rangka promosi wisata kabupaten Banyuwangi.

Genpi dan Genposting merupakan gerakan netizen yang perlu diapresiasi dan didukung. Salah satu kunci keberhasilan bagi millenials adalah kolaborasi, bukan persaingan. Kolaborasi ini sudah terbukti memunculkan peluang dan menjadi gerakan yang memberikan banyak manfaat.

Banyak muncul milliarder baru dari kalangan anak muda, dan semua itu adalah hasil dari kolaborasi. Gojek, sebagai contoh, merupakan kolaborasi teknologi yang dimotori oleh Nadiem Makarim dengan ratusan ribu pemilik motor di Indonesia yang bergabung menjadi driver. Demikian juga dengan berbagai kemunculan market place di Indonesia yang merupakan kolaborasi mereka dengan para produk dan UMKM.

Para narsum di forum diskusi Genposting Banyuwangi

Anak muda banyak yang menjadi influencer dan konten creator melalui instagram atau youtube. Selain berimplikasi pada ekonomi dengan bisa mendapatkan uang dari bermain sosmed mereka juga dapat berkontribusi untuk berbagai hal positif.

Teknologi Komunikasi Informasi jika dimanfaatkan secara positif maka akan membuka peluang dan memberikan manfaat yang sangat besar. Yuk mulai dengan share konten positif dan selalu dukung gerakan internet sehat.

Salam Genpi gasss….. Genposting Keren !!!!

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.