Lombok Menyambut Hangat APGN 2019

by Genpi LS
Lombok Menyambut APGN 2019

Bulan Agustus di Lombok dipenuhi banyak sekali momen besar. Momen-momen besar ini bahkan menyentuh semua lapisan masyarakat. Kelompok terkecil dari keluarga, sampai skala dunia.

Siapa yang lupa, ujian bencana gempa tahun lalu? Di bulan ini, tiga gempa diperingati ulang tahun pertamanya secara berurutan. Gempa pertama yang menyisakan korban meninggal, berdarah-darah, secara fisik dan psikis, dimulai di 29 Juli. Dua ‘ultah’ lainnya, gempa 5 dan 19 Agustus. Meski tak separah korban di gempa pertama, dua momen ini justru menyisakan trauma yang rata menimpa semua orang di Lombok.

BACA LAGI : Evakuasi Wisman Pendaki Rinjani Banjir Pujian

Baiklah, cukup membahas ‘ultah’nya gempa. Mari menengok satu destinasi terbaik Lombok. Destinasi yang tak hanya indah secara alami. Ia sekaligus gagah. Ikon dunia. Sumber misteri tak habis-habis. Plus dicintai banyak orang. Langsung menebak Gunung Rinjani? Iyap. Tebakan yang sangat benar.

Siap Membayar Kangen ke Rinjani?

Yang kangen Rinjani, boleh banget share post ini. Yuk

Terkait Rinjani pula, akan dilaksanakan satu event besar skala dunia. Tepatnya, Simposium Asia Pacific Geopark Network (APGN) 2019. Acara ini direncanakan bertempat di Hotel Lombok Raya, di tanggal 3 sampai 6 September 2019. Simposium ini menargetkan 500 peserta dari negara-negara di Asia Pasifik. Rangkaian pre-event, sudah akan dimulai di 31 Agustus nanti.

Diselenggarakan di akhir Agustus sampai awal September nanti, gaungnya sudah menggema. Rangkaian persiapan acara sudah dilakukan sejak minggu pertama Agustus ini. Rapat persiapan dimulai di Senin, 29 Juli lalu, di gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB. Tercatat, sudah ada 25 negara yang akan mendelegasikan warganya sebagai peserta simposium. Negara-negara peserta ini, diantaranya, Prancis, Rusia, Jerman, Kanada, New Zealand, Australia, Nigeria serta Indonesia sendiri.

BACA JUGA: Selain Rinjani, Tamu APGN 2019 Bisa Sambangi 4 Destinasi Keren Lombok ini

Berikutnya, pelatihan guide dilaksanakan di pekan ke-2 Agustus. Dua acara persiapan, yang memantapkan sinergi stakeholder kepariwisataan Lombok khususnya, dan NTB secara umum. Jadwal umum rangkaian acara simposium, bisa diupdate melaui situs APGN 2019 sendiri. Juga stakeholder pariwisata Lombok yang akan terlibat di beberapa acara, seperti pameran Geofair & UMKM Expo, aktivitas publikasi, penyiapan jalur field trip.

Rinjani dan Lombok, dua kata yang akan semakin sulit dipisahkan. Status geopark, kini menjadi tanggung jawab bersama. Berbagai macam usaha serta event terkait Rinjani, tentu semoga masih dibatas menjaga keindahan alaminya. Menjaga Rinjani tetap lestari, sembari mengemasnya menjadi satu paket wisata. Beragam usaha yang memberi kemaslahatan umum, paling utama, memberi ruang bagi Rinjani sendiri. Agar Rinjani tetap eksis, sampai di lapisan ke berapa pun generasi penerus kita nanti.

Salam lestari dan salam gasss.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.