Polda NTB Siap Gelar Operasi Patuh Gatarin 2019

by Genpi LS

Halo netizen di Lombok dan Sumbawa. Sudahkah kita tertib dalam berlalu lintas? Sudahkah menggunakan seatbelt ketika berkendara? Apakah helm kita sudah berstandar SNI? Apakah kelengkapan kendaraan kita sudah siap ketika berkendara?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, sebagiannya akan segera terjawab. Mengapa? Mulai di hari ini, Polda NTB siap melaksanakan operasi Patuh Gatarin 2019. Tepatnya pada 29 Agustus hingga 11 September 2019. Operasi Patuh Gatarin dilakukan secara nasional oleh POLRI. Dimulai dari setingkat Polda, sampai Polres.

Operasi ini memiliki berbagai tujuan dari edukasi tentang tertib lalu lintas. Penertiban segala hal yang berkaitan dengan lalu lintas, serta upaya penindakan bagi para pelanggar ketentuan lalu lintas.

Polda NTB Luncurkan Operasi Patuh Gatarin 2019

Permasalahan lalu lintas di NTB ini cukup serius. Bahkan berbagai pelanggaran yang dilakukan seperti telah menjadi kebiasaan. Jika kita lihat, berbagai perilaku seperti tidak menggunakan helm standar, menerobos lampu merah, parkir sembarangan dan berkendara di bawah umur masih banyak terjadi. Belum lagi masalah dari PKL yang berjualan di tempat yang tidak seharusnya.

BACA LAGI YUK: Kampanye Pemilu Damai 2019 Polda NTB Bersama GenPI Lombok Sumbawa

Pelanggaran ini mengidentifikasi bahwa kesadaran dalam berlalu lintas masih rendah. Upaya menjaga keselamatan sering diabaikan. Banyak pula yang tidak menyadari bahwa keselamatan adalah hal yang utama. Di mana, ketika berkendara bukan hanya keselamatan kita yang harus difikirkan, namun juga orang lain.

Rendahnya kesadaran tersebut bisa jadi cerminan dari masyarakat yang kurang berempati antar sesama. Operasi Patuh Gatarin ini akan lebih maksimal dalam mengukur sejauh mana tertib lalu lintas dijalankan, jika tanpa pemberitahuan lebih dahulu. Informasi operasi patuh sudah diketahui publik jadi ada tindakan preventif bukan kondisi alami. Ada yang memilih menghindari atau bahkan tidak berkendara.

Polda NTB Laksanakan Operasi Patuh Gatarin

Upaya tegakkan tertib berlalu lintas di akun Instagram Polda NTB

Permasalahan tertib lalu lintas ini adalah proses panjang dan memerlukan sinergi dari berbagai pihak. Tidak bisa kita membebankan kepada satlantas saja. Kita tahu berapa personil yang ditugaskan dan kita tahu berapa jumlah pengguna jalan yang harus diedukasi, ditertibkan atau ditindak. Sudah seharusnya Operasi Patuh Gatarin ini didahului dengan berbagai kegiatan edukasi dan sosialisasi tertib lalu lintas, sehingga operasi ini bisa menjadi evaluasi terkait dengan upaya tertib lalu lintas.

Banyak hal yang perlu dikondisikan. Diantaranya, strategi komunikasi yang tepat dalam mengedukasi masyarakat. Jika pelanggaran ini banyak terjadi pada usia 13 sampai dengan 39 tahun, maka pada kelompok ini membutuhkan pendekatan yang spesifik. Khususnya bagi remaja usia sekolah dan anak kuliah. Salah satu contoh kondisi yang membutuhkan strategi komunikasi tepat.

BACA JUGA: Polda NTB dan GenPI Lombok Sumbawa Adakan Lomba Blog dan Lomba Selfie Pemilu Damai

Pengkondisian untuk tertib dari masyarakat juga jangan hanya saat Operasi Patuh Gatarin berlangsung. Namun juga bagaimana mempertahankan perilaku tertib dan aman. Komitmen yang sudah seharusnya dilakukan setiap saat. Utamanya untuk mengurangi segala resiko serta meningkatkan ketertiban dan kenyamanann umum. Mulai dari diri kita untuk tertib berlalu lintas, lalu ajaklah orang orang di sekitar kita untuk mulai berempati dengan sesama pengguna jalan.

Tertib lalu lintas menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya kepolisian. Masyarakat sudah harus dilibatkan, bukan hanya sebagai objek, namun juga subjek dan pelopor dalam tertib lalu lintas.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.