Pulau Lombok

Berkunjung ke Pasar Minggu Kerujuk : Desa Kerujuk, Lombok Utara

Satu lagi destinasi wisata yang sangat menarik dikunjungi di Lombok Utara yaitu Desa Kerujuk. Desa Kerujuk memiliki pesona alam yang sangat indah. Dikelilingi oleh perbukitan hijau dan ladang persawahan.

Menariknya lagi setiap Hari Minggu di Desa Kerujuk ada pasar tradisional yang sangat unik. Sebut saja, Pasar Minggu Kerujuk atau biasa orang menyebutnya Pasar Kerujuk.  Pasar tradisional ini menawarkan aneka jenis kuliner tradisional dan suasana alam hijau pedesaan buat para pengunjung.

Pasar Kerujuk merupakan pasar kuliner lokal. Bukanya hanya setiap Hari Minggu dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Untuk menuju lokasinya, para travelers tidak perlu bingung. Pasar Kerujuk tepatnya berada di Desa Kerujuk, Kelurahan Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Bila dari Kota Mataram, kita bisa menggunakan jalur Pusuk, Lombok Utara. Sedangkan dari Senggigi, kita bisa melalui jalur Bangsal, kemudian berbelok ke arah Pusuk.

Untuk alat transportasinya, kita bisa menggunakan angkutan umum dari Terminal Mandalika, Kota Mataram (jalur Kota Mataram – Tanjung, Lombok Utara). Bus Damri juga melayani trayek ini. Selain itu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Kita pasti sudah tau betul saat ini banyak retail-retail modern menjamur dimana-mana khususnya di Pulau Lombok. Tidak sedikit juga yang sudah gulung tikar karena persaingan produk. Belum lagi semakin berkurangnya diantara kita yang cinta pada produk lokal. Sehingga secara perlahan, produk lokal semakin berkurang dilirik bahkan tidak lama kemudian ditinggalkan. Oleh sebab itu, Pokdarwis Desa Kerujuk menghadirkan pasar minggu Kerujuk yang menawarkan beberapa kuliner lokal asli buatan warga desa sendiri.

Pasar Kerujuk sendiri dikelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) Kerujuk Lestari. Pasar Kerujuk dibuka dengan tujuan mengupayakan pembukaan ruang usaha bagi warga desa, terutama kelompok usaha kecil.  Sehingga bisa meningkatkan dan menguatkan peran serta masyarakat dalam bidang budaya, sosial dan ekonomi.

Peran lainnya dari pasar kuliner ini yaitu diharapkan sebagai media pengenalan pada warga akan potensi lokal serta menumbuh kembangkan kecintaan terhadap produk lokal.  Terpenting dengan adanya pasar kuliner ini, mampu menarik minat masyarakat baik lokal maupun dari luar Pulau Lombok untuk datang kesini, menikmati alam desa dan berkuliner ria pastinya.

Ada apa saja sih di Pasar Kerujuk ?

Di Pasar Kerujuk kita bisa menemukan berbagai macam kuliner tradisional seperti Pelecing Kangkung, Pecel Kangkung, Sate Ikan, Pepes Ikan, Kue Serabi, dan aneka jajanan pasar khas dari Pulau Lombok. Soal rasa dijamin enak dan harganya murah meriah.

Keunikan dari Pasar Kerujuk, bila ingin berbelanja disini, kita harus menukarkan uang asli yang kita keluarkan dari dompet dengan uang koin. Uang koinnya sangat unik dan lucu. Terbuat dari kayu dan dituliskan nilai nominalnya. Ada tiga nominal dari uang koin disini, antara lain 10, 5 dan 2,5. Untuk koin 10 itu artinya 10 ribu sedangkan koin 5 (5 ribu ) dan koin 2,5 (2 ribu 5 ratus).  Hampir sama dengan Pasar Pancingan yang ada di Desa Bilebante. Bawa uang banyak ke Pasar Kerujuk, kita bisa makan sepuasnya. Tapi harus ingat, berat badan dijaga ya !

Selain kuliner, kita bisa berkeliling desa dengan bersepeda dan berjalan kaki, mengkuti jalan setapak dan pematang sawah yang hijau. Bagi yang lagi galau dan putus cinta, bisa datang kesini untuk menemukan kebahagiaan. Siapa tau, dapat jodoh disini.

Ada lagi kegiatan memancing disini. Bagi kalian yang hobi memancing, bisa datang ke Pasar Kerujuk dan mencoba sensasi memancing disini. Lokasi pemancingannya tidak jauh dari lokasi pasar kulinernya. Siapa tahu kalian bisa bawa banyak ikan disini dan jodoh, hahaha.

Permainan terbaru yang ditawarkan dari Pasar Kerujuk yaitu Flying fox . Cukup membayar uang koin senilai 30 saja. Panjang flying foxnya sendiri sekitar 200 meter. Melewati persawahan khas Desa Kerujuk. Pokoknya seru deh berkuliner dan bermain di alam Desa Kerujuk.

Over all, beberapa pengunjung sangat puas datang ke Pasar Kerujuk meskipun ada beberapa hal yang harus dibenahi menjadi lebih baik lagi. Meningkatkan manajemen dan sosialisasi ke masyarakat pastinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button