Event

Lombok Coffee and Art Di Festival Pesona Senggigi 2019

Pelaksanaan event Festival Pesona Senggigi (FPS) 2019 semakin dekat. Untuk itu, Forum Tata Kelola Pariwisata (FTKP) kabupaten Lombok Barat (Lobar) menyelenggarakan rapat terbatas. Rapat ini menjadi langkah awal, ekspose event FPS dan bertemakan ‘Membangun Desa Wisata Sebagai Pilar Pertumbuhan Ekonomi Lobar’. Rapat diselenggarakan pada Kamis, 5 September 2019. Lokasi bertempat di Aula Kantor Dinas Pariwisata Lobar.

Di tahun ini, beragam rangkaian acara sudah dipersiapkan. Mulai dari seni dan kebudayaan khas Lombok. Juga berbagai lomba serta event unik, seperti Outdoor Flair Competition serta Lomba Pembayun. Lokasi event, berada di pantai depan Hotel Santosa, Senggigi. Lokasi strategis, jantung aktifitas kawasan wisata pantai Senggigi. Tema khusus, ‘Lombok Coffee and Art’, diharapkan menjadi magnet khusus.

Flyer Festival Pesona Senggigi 2019
Flyer dan Ragam Acara di Festival Pesona Senggigi 2019

Semua rangkaian acara yang dipersiapkan, sekaligus juga untuk mendukung optimalnya pemasaran dari produk-produk UMKM di Lobar. 10 kecamatan yang berada di Lobar, akan memajang produk-produk terbaik mereka selama event berlangsung.

Berikut beberapa ragam acara yang bisa menjadi pilihan, menikmati FPS 2019. Event ini akan mulai pada Kamis 19 September, sampai hari Minggu 22 September nanti.

Pentas Seni dan Budaya Khas Lombok

Tari Gandrung, Gendang Beleq, dua jenis kesenian khas Lombok yang selalu hadir di setiap event Pesona Senggigi. Tahun ini pun akan kembali dipertunjukkan. Tambahan pertunjukan lainnya, yaitu ‘Ambalang Wacane Pembayun Sasak’.

Lomba Pembayun menjadi bentuk usaha pelestarian adat khas suku Sasak, Lombok. Terutama karena keberadaan Pembayun yang sangat penting dan selalu dibutuhkan di setiap prosesi menikah secara adat Lombok. Pembayun adalah utusan dan perwakilan dari keluarga pengantin pria. Keahlian dan pengetahuan adat seorang Pembayun, menjadi salah satu syarat utama di prosesi ‘Merariq’.

Beragam Lomba di FPS 2019

Di samping berbagai pertunjukan seni serta budaya, berikut beberapa lomba yang diselenggarakan juga selama event berlangsung. Diantaranya, Lomba Phonegraphy pada 19 sampai 21 September. Kemudian, tentu saja jangan sampai melewatkan kemeriahan Lomba Peresean.

Untuk penyuka kopi, tentu harus meramaikan Latte Art Throwdown serta Outdoor Flair Competition. Tak hanya dua lomba ini, puluhan stand UMKM juga menyediakan banyak jenis kopi khas Lombok yang siap dijadikan sebagai oleh-oleh. Tentu juga berbagai macam produk kuliner, dari makanan basah sampai kue atau cemilan kering.

Event empat hari di pekan ke-3 September ini, ditargetkan mendatangkan pengunjung dari wisatawan nusantara serta mancanegara.

Genpi LS

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) adalah komunitas volunteer yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI. GenPI lahir berawal dari relawan pariwisata Wonderful Lombok Sumbawa yang termotivasi untuk meningkatkan peran digital dalam promosi pariwisata melalui media sosial. Read more...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button