BeritaEventHeadline

Dispar Lombok Timur Tingkatkan Kapasitas dan Pengetahuan SDM Pariwisata dengan Pelatihan Diving

GENPI LS – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pengetahuan sumber daya manusia pariwisata Lombok Timur, Dinas Pariwisata kabupaten Lombok Timur melakukan pendidikan dan pelatihan diving. Kegiatan ini terinisiasi oleh kerjasama Dispar Lotim dengan Kapela NTB (Komuitas Penyelam Nusa Tenggara Barat). Pelatihan yang bertajuk open water diver ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari para pelaku wisata dan akademisi yang berasal dari daerah pesisir pantai dan daerah nonpesisir pantai yang ada di kabupaten Lombok Timur.

Sumber: Idham Kholid

Berlokasi di Pondok Gili Lampu dan Gili Bidara, kegiatan yang dipandu Kapela NTB ini berlangsung selama lima hari terhitung dari Selasa sampai Sabtu. Materi pelatihan terbagi menjadi beberapa tahapan, compound yaitu teknik untuk memahami dasar diving di kedalaman dua meter. Sebagai penilaian teknis, para peserta melakukan penyelaman di kedalaman 12 – 18 meter dan ujian terakhir peserta diberikan ujian tertulis oleh instruktur.

“Kegiatan ini dilakukan agar SDM pariwisata Lombok Timur khususnya wisata selam memiliki kompetensi dan pengetahuan dasar serta skill di bidang diving. Selain itu, pemerintah daerah mengharapkan dari 40 peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu membuka pasar wisata selam yang akan menjadi atraksi tambahan di Lombok Timur, sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan aktifitas wisata. Bukan hanya itu, dengan banyaknya pilihan wisata otomatis akan berdampak baik terhadap daerah terutama dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Tidak menutup kemungkinan, wisatawan akan berlama-lama di Lombok Timur”, tegas Dr.H.Mugni,S.Pd, M.Pd selaku Kadispar Lombok Timur.

Di akhir sesi kegiatan, dilakukan serah terima secara simbolis sertifikat diving kepada perwakilan peserta sekaligus pembentukan Himpunan Pemandu Wisata Selam (HPWS) kabupaten Lombok Timur. Himpunan yang terbentuk ini akan menjadi organisasi yang bertujuan melakukan inventaris potensi diving, snorkeling dan peningkatan kapasitas anggota yang secara bersama menjadi garda terdepan dalam melakukan pelayanan wisata selam di Lombok Timur.

wisata selam
Sumber: Idham Kholid

Selain membentuk HPWS LOTIM, pada akhir sesi kegiatan ini terpilih Idham Kholid sebagai ketua Himpunan Pemandu Wisata Selam Lombok Timur yang juga merupakan Koordinator SDM di Komunitas Genpi Lombok Sumbawa. Adapun anggotanya yaitu Gahani Alfan sebagai sekretaris dan Husni Mubarak sebagai bendahara. Himpunan Pemandu Wisata Selam Lombok Timur akan dikukuhkan pada 31 Oktober 2020 di acara fullmoon camping di Gili Lunjer.

“Kita akan meningkatkan dan mengemas wisata selam Lombok Timur lebih baik dengan SDM yang sudah ada. Tentunya dengan kerjasama dan dukungan semua pemangku kebijakan”, tegas Idham Kholid. (Idham/Red.)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button