Event

Kompetisi Barista Lombok akan Berlangsung di Senggigi

Dalam rangka membangkitkan sektor pariwisata di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Dinas Pariwisata setempat bersama dengan Sheraton Senggigi Beach Resort akan melakukan kolaborasi dalam menyelenggarakan Kompetisi Barista pada akhir Januari 2021.

Kompetisi yang diperuntukkan bagi para peracik kopi ini sejalan dengan slogan Ayo Kembali ke Senggigi. Nantinya, direncanakan Kompetisi Barista ini akan dirangkai dengan sejumlah acara menarik lainnya, salah satunya talk show yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap kopi. Selain itu, kompetisi ini juga menjadi wadah dalam memperkenalkan profesi Barista di Pulau Lombok.

Salah satu varian kopi Lombok
Salah satu varian kopi Lombok

BACA LAGI: Festival Pesona Senggigi 2019 Dan Koleksi Kopi Lombok

Kompetisi Barista Sebagai Kolaborasi

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam, menyampaikan bahwa tahun ini Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat terbuka kepada seluruh pihak yang ingin berkolaborasi. Adapun Kompetisi Barista ini menjadi awal dari berbagai kolaborasi yang ke depannya akan kembali dilaksanakan bersama dengan sejumlah para pegiat di sektor pariwisata. Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa dalam pelaksanaan kolaborasi tidak semata hanya dari aspek inisiatif gagasan saja. Akan tetapi, termasuk penyelenggaraan secara teknis di dalamnya. Terlebih saat low season pada sektor pariwisata kali ini, pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat ingin memaksimalkan kolaborasi dalam mempromosikan pariwisata yang ada di kawasan Kabupaten Lombok Barat.

Lain lagi, menurut General Manager Sherator Senggigi Beach Resort, Tizar Mirza mengemukakan bahwa pihaknya dalam mengadakan Kompetisi Barista ini, di samping untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap kopi, juga ingin mengangkat profesi barista di Pulau Lombok. Lebih lanjut, Tizar kembali menegaskan, “Saat ini, Barista sudah menjadi profesi profesional. Bahkan lima tahun belakangan ini penyuguhan dan kebiasaan minum kopi menjadi tren yang sangat populer” ujarnya. Sehubungan dengan itu, melalui penyelenggaraan Kompetisi Barista ini, beliau berharap mampu mencetak barista-barista tingkat dunia untuk Pulau Lombok.

Latte Art dan Brewing di Kompetisi Barista Lombok

BACA YUK: INI CARA MENDAFTARKAN HAKI BRAND KOPI KAMU

Dalam penyelenggaraan Kompetisi Barista ini, pihak penyelenggara acara akan mengadakan sejumlah jenis kompetisi, di antaranya Kompetisi Latte Art dan Kompetisi Brewing. Untuk Kompetisi Latte Art sendiri akan dilangsungkan pada tanggal 29 Januari 2021 serta akan diikuti sekitar 32 peserta. Kemudian, unruk Kompetisi Brewing akan diselenggarakan pada hari berikutnya yakni pada tanggal 30 Januari 2021 serta akan diikuti oleh 36 peserta.

Brand lain Kopi Lombok
Brand lain Kopi Lombok

Melalui Kompetisi Barista yang akan digelar pada akhir bulan ini, Saepul Akhkam menambahkan bahwa pengadaan kompetisi ini dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan citra pariwisata halal yang telah melekat dengan Nusa Tenggara Barat. Mengingat citra pariwisata yang identik dengan minuman yang beralkohol atau cocktail.

Ditulis ulang oleh mahasiswa magang UGM: Siti Yusrina Faozia (Referensi rilis: Travel Tempo Co)

Editor: Muslifa Aseani

Genpi LS

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) adalah komunitas volunteer yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI. GenPI lahir berawal dari relawan pariwisata Wonderful Lombok Sumbawa yang termotivasi untuk meningkatkan peran digital dalam promosi pariwisata melalui media sosial. Read more...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button