EventHeadline

Enjoy Lawata Kota Bima Bangkitkan Pariwisata

Bima, NTB. Bidang Promosi dan Pemasaran Disparpora Kota Bima mengadakan Pentas Seni ‘Enjoy Lawata’. Inisiasi event kesenian ini dilaksanakan Sabtu dan Minggu, 27 sampai 28 Maret 2021, berlokasi di Lawata. Enjoy Lawata Kota Bima (Kobi) menampilkan pertunjukan dari beragam kelompok seni.

Ragam kesenian khas Bima bergiliran melakukan perform, dimulai dari pukul 4 sore sampai malam hari. Pentas seni dipertunjukkan virtual, untuk mendukung upaya pemerintah, memutus rantai penularan virus Covid-19.

Flyer Enjoy Lawata
Flyer Enjoy Lawata

Seni Khas Bima dan Seni Modern di Enjoy Lawata Kota Bima

BACA SKUY: Spot Seru Geopark Internasional Tambora

Ragam kesenian khas budaya suku Bima di Enjoy Lawata, ada Gantao dari Sanggar Seni Sandaka Angi. Gantao adalah pertunjukan seni beladiri dengan menampilkan dua penari anak lelaki. Kelompok Guru NEO menampilkan lagu-lagu dan pantun-pantun dalam Bahasa Kolo, satu dari 7 bahasa asli Suku Bima. Tiga penampil membawakan lagu dan pantun-pantun, serta mengenakan pula busana khas adat Bima.

Enjoy Lawata Perform Kapatu Mbojo
Enjoy Lawata Perform Kapatu Mbojo

Seni Kontemporer dan modern, menampilkan Kampis Band feat Uma Kahawa dan Sanggar Monggo Runggu. Kampis band ngejam bersama Ayyi Uma Kahawa yang seorang saxophonist. Kesenian kontemporer dan modern ini, menyasar para penikmat seni dari generasi millenials.

Protkes Ketat dan Pentas Virtual

Enjoy Lawata dilaksanakan tetap dengan menerapkan protkes ketat. Pertunjukan berkonsep virtual ditampilkan untuk penonton yang masih memilih untuk lebih banyak di rumah duu saja.

BACA SKUY: Joki Cilik di Kejuaraan Pacuan Kuda Pantai PAPA

Ir. H. Zulkifli M.Ap. menyatakan, Enjoy Lawata menjadi momentum kebangkitan pariwisata Kota Bima dan sisi timur Sumbawa pada umumnya. Harapan agar dunia pariwisata kembali hidup dan aktif, setelah setahun lebih mati suri didera pandemi.

“Enjoy Lawata kita adakan sebagai momentum bergeliatnya kembali pariwisata dan ekonomi kreatif di kota Bima, khususnya. Pandemi memang masih ada, namun kita lawan dengan protkes ketat dan membuat pertunjukan seni secara virtual,” tegasnya.

Enjoy Lawata Kota Bima Tari Kontemporer
Enjoy Lawata  Tari Kontemporer

Rangkaian pertunjukan di Enjoy Lawata Kobi disaksikan bersama para kabid Disparpora Kobi, dihadiri pula Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kobi. Tentunya juga oleh warga Kobi sendiri dan para diaspora yang berada di kota-kota besar se-Indonesia.

Kontributor: Wawan Pantank Pulang (Korwil Bima GenPI LS | Editor: Muslifa Aseani (Kadiv Humas GenPI LS)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button