Hutama Karya Endurance Challenge Lombok Series Digelar Agustus

by Genpi LS
Rapat persiapan event HK Endurance Challenge Lombok Series

Mataram, Lombok. Rapat persiapan Hutama Karya Endurance Challenge Lombok Series (HKEC) digelar pagi ini di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Yusron Hadi, hadir bersama stakeholder pariwisata serta lintas dinas di jajaran Pemprov NTB. Rapat dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. NTB Ir. Ridwan Syah, M.Sc.,MM.,M.Tp.

Dalam sambutannya,  Ir. Ridwan Syah mengatakan bahwa event ini adalah momentum promosikan kepariwisataan NTB ke kancah dunia, meski masih dalam masa pandemi. Untuk itu, event ini bisa dimanfaatkan sebagai wujud  kesiapan menyongsong penyelenggaraan event berskala internasional, yakni motoGP 2022.

BACA LAGI: #KomunitasinAja Hadir di Mandalika

Rute HK Endurance Challenge Lombok Series

Menurut Pimpinan Hutama Karya (HK), HKEC ini merupakan event invitasi untuk mempromosikan pariwisata NTB. Adapun rute yang dilalui peserta sejauh 123KM. Urutan aktivitasnya, dimulai dengan Berenang dari Gili Air menuju Pantai Sire sejauh 2KM, Bersepeda dari Pantai Sire menuju Novotel sejauh 100KM, dan Berlari mengelilingi Area Mandalika sejauh 21KM.

Tiga rute yang dipilih di atas, bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Lombok. Oleh karena itu, diharapkan dukungan maksimal di masing-masing area, demi kelancaran pelaksanaan event ini. Demikian disampaikan Octavianus Sitanggang Vice Presiden operasional II HK.

Bentuk dukungan dan kesiapan dari masing-masing area disampaikan oleh beberapa pihak. Diantaranya, Kepala Dinas PUPR, serta Polda NTB yang akan menjamin pengamanan selama event berlangsung. Kadispar NTB H.Yusron Hadi menyambut baik pelaksanaan  HK Endurance Challange. Event ini akan berguna membangkitkan kembali gairah pariwisata NTB, juga bisa memublikasikan secara massif kesiapan zona hijau Lombok Sumbawa di tengah pandemi.

Foto bersama peserta Rapat Persiapan event HK Endurance Challenge Lombok Series

Spot-spot wisata yang berada di tiga rute lomba, merupakan cikal bakal zona-zona yang dideklarasikan sebagai Zona Hijau, Zero kasus Covid-19, destinasi dan fasilitasnya memiliki sertifikat CHSE, serta 70% masyakat di area tersebut sudah divaksin. Dampak pelaksanaan event ditargetkan sebagai penguatan destinasi, juga berdampak positif bagi pelaku industri kreatif NTB. Selama event, beragam produk ekraf Lombok Sumbawa akan ditampilkan.

Protkes Ketat Selama HK Endurance Challenge Lombok Series

Dinas Kesehatan NTB Tentu sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Dengan catatan, event  benar-benar mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Peserta lomba harus melalui pemeriksaan kesehatan yang ketat. Dikes NTB Siap mendukung CHSE dan Vaksinasi yang dibutuhkan.

Sekretaris Dinas Perdagangan Baiq Nely menyampaikan bahwa event ini juga merupakan momentum untuk menampilkan produk-produk UMKM Lombok Sumbawa. Pameran produk dilaksanakan pada area bazaar Mandalika, mengingat Mandalika adalah venue akhir rute yang akan dilalui.

TNI Angkatan Laut Mataram menyampaikan bahwa pihaknya akan mengawal keamanan laut saat peserta lomba berenang sepanjang rute dari pantai Gili Air menuju Pantai Sira.

BACA LAGI: Protkes Ketat Mandalika Sudah Mulai Dari 2020

HK Endurance Challenge Lombok Series  akan digelar  8 Agustus mendatang dan saat ini panitia telah mengantongi ijin penyelenggaraan dari Satgas Covid NTB. Lomba akan diikuti 60 peserta dari mancanegara dan 40 peserta yang diundang dari dalam negeri. Juara dunia Ironman  juga diundang dan ditargetkan bisa berpartisipasi, juga termasuk para jawara dunia maupun nasional lainnya. Start Lomba direncakan akan mulai lebih pagi di Gili Air dan  diperkirakan berakhir sore hari di Mandalika. Hal-hal teknis lainnya akan dirancang oleh kepanitiaan yang tengah dibentuk.

Editor: Muslifa Aseani (Humas GenPI LS)

You may also like

Leave a Comment