Famtrip Famous Jilid II oleh Poltekpar Lombok Sasar Lombok Barat

Kontribusi Famous untuk Mengikat Community Based Tourism di 2 Destinasi Lobar

by Jackysan

GENPILOMBOKSUMBAWA.com, Lombok Barat – FAMOUS (Familiarization Trip of Sustainable) 2021 merupakan project dari Mahasiswa/i Politeknik Pariwisata Lombok program studi D4 Pengaturan Perjalanan semester 7 kelas B. Kegiatan ini adalah bentuk pengaplikasian mata kuliah Aplikasi Manajemen Bisnis Perjalanan (APMB).

Tahun ini merupakan tahun ke 2 untuk FAMOUS diadakan. Peserta yang diundang sejumlah 25 dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia yakni Bali, NTT, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Manado, Madura, dan lainnya. Para peserta terdiri dari 17 Travel Agent, 5 Media Partner, juga 3 Influencer. Dengan Tagline infinite discoveries diharapkan FAMOUS 2021 mampu memperkenalkan dan mempromosikan budaya serta destinasi wisata yang dikunjungi selama Kegiatan dan para peserta yang dari Travel Agent diharapkan bisa menjual produk berupa paket wisata yang dihasilkan dari Kegiatan ini.

Pada tanggal 2 – 4 November 2021 selama 3 hari 2 malam FAMOUS 2021 akan berfokus pada 2 destinasi wisata di Kabupaten Lombok Barat yang memiliki daya tarik yang berbeda dan potensial untuk dipromosikan, Hari pertama para peserta akan mengikuti beberapa kegiatan di area camping ground Gunung Jae Desa Sedau seperti petik kangkung, mencari keke, bersepeda.

Hari kedua para peserta akan diajak untuk menikmati indahnya pulau Gili Layar Sekotong dengan mengikuti aktivitas transplantasi coral yang merupakan highlight Kegiatan dari FAMOUS 2021. Dan hari terakhir para peserta akan dibawa tour de-campus dengan tujuan memperkenalkan Kampus Politeknik Pariwisata Lombok.

Sejak bulan Juli hingga bulan Oktober Panitia sudah melakukan koordinasi dengan pokdarwis serta para stakeholder, dan respon yang mereka berikan sangat baik, mereka juga antusias untuk menyambut FAMOUS tahun ini dan siap untuk turut mensukseskan. Salah satu destinasi yang dipilih yakni Gunung Jae juga merupakan destinasi yang baru dikembangkan tahun pada 2019, jadi sangat tepat untuk FAMOUS memilih destinasi ini.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk partisipasi panitia dalam mewujudkan SDGs (sustainable development goals) yang merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Diantara 17 point SDG’s Kegiatan ini mengaplikasikan 5 point diantaranya:

  1. Good Health and Well-being diaplikasikan dalam Kegiatan bersepeda, senam yoga dan fun games.
  2. Decent Work and Economic Growth yakni dengan berkolaborasi bersama pokdarwis untuk mewujudkan ekonomi yang inklusif dan bertumbuh.
  3. Responsible consumption and production diaplikasikan dalam meals packaging tanpa menggunakan plastik (eco friendly).
  4. Life Below Water Transplantasi coral yang akan dilakukan di sekotong Barat.
  5. Penanaman pohon kembali atau reboisasi yang akan dilakukan di Gunung Jae.

Semua Kegiatan tersebut melibatkan seluruh peserta dan panitia dan hal ini adalah salah satu bentuk perwujudan kontribusi dan tanggung jawab mahasiswa/i terhadap terlaksananya SDGs. Sebagai bentuk pengabdian mahasiswa/i Program Studi Pengaturan Perjalanan semester 7 Politeknik Pariwisata Lombok melalui mata kuliah APMB (Aplikasi Manajemen Bisnis Perjalanan – Travel Expo) mencoba untuk memaksimalkan kontribusi pengabdian terhadap bidang pariwisata yang impact dari Kegiatan ini akan meluas hingga ke setiap stakeholder dan masyarakat terkait dengan konsep tersebut.

Gallery Foto Famtrip Famous 2021

You may also like

Leave a Comment