Daftar Lengkap Desa Wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB)

by Jackysan

Program 99 desa wisata merupakan salah satu program unggulan pemerintah Provinsi NTB yang ditetapkan dalam misi kelima yaitu NTB Sejahtera dan Mandiri. Dalam tiga tahun terakhir, program 99 desa wisata menjadi salah satu fokus pemerintah Provinsi NTB untuk terus dikembangkan menjadi desa yang benar-benar memanfaatkan segala potensi alam, budaya dan karya kreatif masyarakat. GUBERNUR NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc telah menandatangani SK penetapan 99 desa wisata yang tersebar di 10 kabupaten/kota.

Di Kabupaten Bima ada 10 desa wisata, yakni Kawinda Toi, Piong, Labuhan Kenanga, Oi Panihi, Sambori, Maria, Soro, Risa, Panda dan Tolotangga. Di Kabupaten Dompu ada sembilan desa wisata, yakni Saneo, Malaju, Pancasila, Huu, Doropeti, Riwo, Madaprama, Nangamiru dan Lanci Jaya. Di Kota Bima ditetapkan empat desa wisata. Yakni Kolo, Dara, Kumbe dan Ule.

Kemudian di Kota Mataram ditetapkan empat desa wisata, yakni Tanjung Karang, Jempong Baru, Karang Pule dan Sayang Sayang. Selanjutnya di Lombok Barat ditetapkan 13 desa wisata. Yaitu Buwun Mas, Mekar Sari, Pusuk Lestari, Pelangan, Senggigi, Banyumulek, Lingsar, Senteluk, Karang Bayan, Gili Gede Indah, Sekotong Barat, Batu Putih dan Labuan Tereng.

Di Lombok Tengah ditetapkan 16 desa wisata. Yakni Sukarara, Marong, Mertak, Lantan, Kuta, Labulia, Bonjeruk, Sepakek, Selong Belanak, Mekar Sari, Karang Sidemen, Rembitan, Aik Berik, Tanak Beak, Penujak dan Sengkol.
Di Lombok Timur ditetapkan 18 desa wisata. Antara lain Tetebatu, Sembalun Bumbung, Kembang Kuning, Pringgasela, Tanjung Luar, Jeruk Manis, Sekaroh, Sembalun Lawang, Lenek Ramban Biak. Jerowaru, Labuhan Pandan, Sugian, Lenek Pesiraman, Bebidas, Senanggalih, Seriwe, Sapit dan Sembalun.

Kemudian di Lombok Utara ditetapkan delapan desa wisata. Senaru, Pemenang Barat, Genggelang, Sokong, Karang Bajo, Santong, Medana dan Gili Indah.

Di Sumbawa ada 9 desa wisata, yakni Pulau Bungin, Marente, Batudulang, Lantung, Labuan Aji, Labuan Jambu, Lenangguar, Teluk Santong dan Lepade. Terakhir di Sumbawa Barat ditetapkan 8 desa wisata. Yakni Mantar, Tatar, Pototano, Labuhan Kertasari, Labuhan Lalar, Beru, Pasir Putih dan Sekongkang Atas.

Selain 99 Desa Wisata yang di SK-kan oleh Gubernur NTB tersebut, tim Genpi Lombok Sumbawa berhasil menghimpun beberapa desa wisata tambahan lainnya yang sudah lebih dahulu terbentuk, berkembang atau berjalan sekalipun belum masuk dalam SK, beberapa diantaranya adalah yang merupakan SK Kabupaten dan tidak masuk dalam SK Gubernur. Berikut ini adalah Daftar lengkap Desa Wisata di NTB yang kami maksud

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.