HomeBlogLombok, Surga Kecil Para Wisatawan

Lombok, Surga Kecil Para Wisatawan

share

Genpilomboksumbawa.com – Ketika mendengar seseorang menyebut nama Lombok, maka yang terbayang dibenak kita adalah sebuah pulau yang cantik, dengan hamparan pantai pasir putih serta keindahan Gunung Rinjaninya yang memukau. Pulau yang berada persis di bagian barat Pualu Bali ini memiliki keragaman adat, suku dan budaya yang berkembang dalam masyarakat, yang juga memiliki keunikan tersendiri, dan tak jarang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan terutama wisatawan mancanegara.

Bali dan Lombok adalah dua pulau yang tak asing lagi di telinga para traveller atau wisatawan. Karena kedua pulau ini sudah menjadi icon pariwisata Indonesia. Karakteristik yang dimiliki kedua pulau ini tidak jauh berbeda. Sehingga tidak mengherankan apabila kita juga akan menemukan banyak sekali pantai-pantai yang indah, bersih, dan berpasir putih layaknya pantai-pantai di Bali jika kita berkunjung ke Pulau Lombok.

Lombok memiliki beberapa pantai terkenal, Sebut saja Pantai Senggigi, lalu kemudian pantai pasir putih di Gili Trawangan yang sudah mendunia. Yang terbaru adalah Pantai Mandalika, pantai ini mendadak terkenal setelah Bapak Presiden Republik Indonesia membuat vlog pribadinya di kawasan Pantai Kuta Mandalika. Serta masih ada pantai-pantai lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Karena keindahannya, saat ini Lombok telah dikenal luas dan telah menjadi alternatif tujuan berlibur bagi wisatawan domestic maupun mancanegara.

Beberapa waktu belakangan ini Pariwisata Lombok diterpa isu tak sedap bahkan telah berkembang hingga menjadi berita tidak benar atau Hoax. Harus diakui, tidak beroperasinya Bandara International Lombok karena aktivitas Gunung Agung di Pulau Bali tentu memberi dampak bagi industri pariwisata di Pulau seribu masjid ini. Namun, berita yang berkembang di masyarakat terutama media social menjadi tidak terkontrol bahkan telah berkembang menjadi suatu kabar yang merugikan pariwisata Pulau Lombok

Dikutip dari salah satu “status” dan artikel netizen yang beredar di media social, ada yang mengatakan bahwa ‘Lombok berbahaya dan kini mulai mengenakan masker untuk menghindari abu vulkanik’. Padahal menurut beberapa guide salah satunya Pak Jaya selaku Guide atau pelaku wisata, “buka tutupnya Bandara adalah hanya karena abu tersebut mengangkasa pada rute penerbangan Lombok sehingga dapat mengganggu penerbangan. Bahkan Abu vulkanik yang dikabarkan tersebut tidak pernah sampai ke Lombok”, ungkapnya.

Perayaan Natal dan tahun baru merupakan salah satu momentum penting bagi pariwisata Lombok. Karena biasanya akan ada event-event yang dilaksanakan baik oleh pihak indusrti, resort maupun masyarakat yang akan menarik datangnya wisatwan baik itu mancanegara maupun domestic untuk berkunjung ke Lombok. Dan berita-berita yang tidak benar atau hoax terkait pariwisata Lombok ditakutkan dapat mempengaruhi minat dan rencana para wisatawan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata hingga pelaku pariwisata di Lombok menghimbau agar para wisatawan tak perlu khawatir lagi dengan berbagai isu “Hoax” yang beredar, sebab faktanya hingga saat ini isu terkait penggunaan masker serta tutupnya berbagai fasilitas penunjang pariwisata itu tidak benar adanya. Meskipun tidak dapat ditepis bahwa sesekali Bandara Internasional Lombok sekali waktu harus ditutup jika jalur penerbangan terhambat oleh aktivitas Gunung Agung. Tapi pada intinya, pengunjung tetap bisa menikmati Lombok, dengan tenang dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *