HomeEventBRI Mekaki Marathon 2017 Menyisakan Sejuta Kenangan

BRI Mekaki Marathon 2017 Menyisakan Sejuta Kenangan

Event 0 0 likes 443 views share

Genpilomboksumbawa.com, Lombok Barat –  pertama kalinya pemerintah Lombok Barat melaksanakan kegiatan marathon yang bekerja sama dengan Bank Rankyat Indonesia (BRI) dengan kegiatan yang bertajuk BRI MEKAKI MARATHON 2017. Kegiatan BRI Mekaki Marathon 2017 merupakan suatu upaya untuk mempromosikan salah satu pantai yang memiliki garis pantai yang indah di daerah Sekotong Barat. Meskipun kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, namun peserta yang mengikuti kegiatan lomba lari marathon ini bisa menyentuh angka 2000 peserta dari dalam dan luar negeri.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa turut serta menjadi bagian dari tim pelaksana lapangan membantu tim pelaksana inti dari Tempo Impresario. Dalam kegiatan yang memiliki 4 kategori utama yaitu 5k, 10k, 21k dan 42k ini turut diikuti pula oleh beberapa artis Ibukota dan kepala daerah. sebut saja Wulan Guritno, Julia Estele, Fajar ‘Alexa’ dan Walikota Bogor Bapak Bima Arya yang memang terkenal dengan visinya ingin menjadikan Kota Bogor sebagai kota para pelari.

Selain para artis yang menjadi peserta kegiatan, untuk melepas para pelari pdi garis start pun telah nampak pula perwakilan dari Pemerintah Kabupaten, Sponsor dan beberapa kementerian terkait, seperti Bapak Bupati Lombok Barat, Perwakilan BRI Cabang Mataram, Perwakilan Kementerian Pariwisata RI, dan Perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, masing masing mendapat jatah tersendiri untuk melakukan pelepasan peserta di garis start.

Jika dilihat dari antusiasme para peserta dan khalayak yang datang pada hari itu, nampaknya apa yang dihajatkan Bapak Bupati Lombok Barat terkait kegiatan BRI Mekaki Marathon ini benar benar tercapai. Jika hajatnya untuk mempromosikan Pantai Mekaki, maka dapat dilihat dari banyaknya media lokal dan nasional yang mendokumentasikan kegiatan. Jika hajatnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, maka dapat dilihat pula dari banyaknya pengunjung yang berbelanja di warung warung sederhana milik warga sekitar, para pedagang seakan mendapatkan keuntungan akan kegiatan ini.

Namun, meski demikian bukan berarti tidak ada hal yang harus dievaluasi atau ditingkatkan. sebut saja ketersediaan sinyal telepon di sekitar pantai, ketersediaan toilet permanen yang bersih dan ketersediaan tempat ibadah di sekitar lokasi pantai untuk mendukung program pariwisata halal.

Tentunya promosi memang penting dalam pariwisata, namun kita tidak bisa memungkiri bahwa promosi juga haru berjalan beriringan dengan perbaikan di segala lini yang berhubungaan dengan destinasi pariwisata. Dan hal yang patut diacungi jempol atau dibanggakan dari kegiatan ini adalah bagaiman kerjasama yang begitu baik antara semua pihak, baik itu Pemerintah Kabupaten, Kepolisian, Tentara, Sat Pol PP, Tim Kesehatan dan BPBD semuanya terlibat dan memiliki porsi kerja tersendiri. Sehingga mampu membuat peserta dan pengunjung dari kegiatan yang dihibur oleh artis Ibukota dan artis lokal seperti Steven Jam, Amtenar dan DJ Tata ini merasa puas dan merasa nyaman dengan kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut. (Emen)