HomeEventHebohnya Pesona Mantar Membuka Rangkaian Festival Pesona Tambora 2017
Balapan Kerbau di Festival Pesona Mantar

Hebohnya Pesona Mantar Membuka Rangkaian Festival Pesona Tambora 2017

Event News Update 0 1 likes 69 views share

Genpilomboksumbawa.com, Jakarta – Menpar Arief Yahya tertegun melihat foto-foto balapan kerbau. Kalau kerapan sapi, atau balapan sapi, itu biasa di Madura. Balapan kuda juga sudah biasa, banyak dilombakan. “Nah, yang ini balapan kerbau,” sebut Menpar Arief Yahya di Jakarta, sambil mempertontonkan keunikan jenis lomba ini.

“Wisatawan pasti sangat tertarik dengan atraksi  seperti ini. Sangat khas dan tidak mudah dijumpai di belahan bumi manapun,” kata Arief Yahya yang asli Banyuwangi. Eksklusivitas ini bisa menarik wisman dan atraktif.

Desa Tapir, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (2/4) tampak ramai oleh hilir mudik kerbau. Tak hanya kerbau, ratusan manusia pun tampak beramai-ramai menuju sebuah areal persawahan.

Keramaian itu ternyata karena akan digelarnya ajang barapan kebo atau balapan kerbau dalam rangka Festival Pesona Mantar 2017. Dan festival ini merupakan pembuka dari rangkaian Festival Pesona Tambora (FPT) 2017 yang akan digelar 9-11 April.

“Festival Pesona Tambora 2017 akan menggandeng seluruh kabupaten dan kota yang ada di Pulau Sumbawa untuk ikut memeriahkan Festival Pesona Tambora 2017, seperti Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Kota Bima. Dan rangkaian Festival Pesona Tambora 2017 dimulai di Kabupaten Sumbawa Barat melalui Barapan Kebo,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal.

Pembukaan acara itu dilakukan Faozal bersama Bupati Sumbawa Barat Musyafirin secara simbolis dengan memukul gong. Faozal pun menjadi orang pertama yang menaiki kerbau. Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Barat I Gusti Bagus Sumbawanto mengatakan, pelaksanaan barapan kebo itu diikuti 320 pasang kerbau yang berasal dari Sumbawa Barat dan Sumbawa.

Acara lainnya yang termasuk dalam rangkaian Festival Pesona Mantar, di antaranya Festival Mantar 3-4 April, yang berupa atraksi paralayang di Desa Mantar, Seni Budaya Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Barapan Ayam dan Kuliner Palopo di Desa Pito.

“Festival ini ditutup oleh pelepasan peserta Tambora Challange 320 K menuju Doro Canga, Dompu,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 ini Pemerintah Daerah NTB menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Provinsi tersebut sebanyak 3 juta orang. Dari total jumlah itu, sebanyak 1 juta wisatawan ditargetkan berasal dari mancanegara. Sedangkan 2 juta wisatawan merupakan wisatawan nusantara.