Headline

Wagub NTB Dr Sitti Rochmi Jalillah: Destinasi Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Mataram. 16 Juli 2020. Wakil Gubernur Provinsi NTB Dr Sitti Rochmi Jalillah, di sela audiensi bersama komunitas GenPI Lombok Sumbawa mengatakan, bahwa destinasi pariwisata wajib menerapkan standar protokol kesehatan covid. Jika tidak maka siapa yang akan datang ke destinasi pariwisata kita?

Pandemi Covid19 ini berimbas sangat signifikan terhadap sektor pariwisata. Sebelum vaksin ditemukan, maka kita wajib mematuhi protokol kesehatan di setiap aktifitas rutin. Nantinya pun jika telah ditemukan vaksin, kebiasaan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan seperti cuci tangan wajib untuk dipertahankan.

Wagub NTB mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan ketat di pariwisata NTB
Wagub NTB mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan ketat di pariwisata NTB

Wagub merasa sangat prihatin. Sampai saat ini masih banyak yang abai dengan tidak menggunakan masker atau tidak mentaati protokol kesehatan. Padahal dari sisi pemerintah telah melakukan edukasi dari Maret lalu. Bahkan jutaan masker telah diberikan secara gratis kepada masyarakat, sebagai edukasi dan sosialisasi.

GenPI Lombok Sumbawa sebagai komunitas yang bergerak di media sosial dan aktifitas aktifitas komunitas harus turut mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Tidak hanya pada bidang pariwisata, namun juga semua aktivitas masyarakat NTB.

Mungkin yang terkena covid atau bahkan yang menjadi korban bukan orang yang kita kenal. Namun mereka semua adalah saudara kita, sehingga penerapan protokol covid ini menjadi tanggung jawab bersama, imbuhnya.

Meskipun saat ini ekonomi NTB masih bertumbuh di atas angka nasional, melalui sektor pertanian dan peternakan, namun kita tidak boleh jumawa. Semua harus diusahakan dan kebangkitan pariwisata akan terjadi jika semua terkondisi baik, termasuk penerapan protokol kesehatan.

Pengurus GenPI LS Wefie Di Sela Menunggu Audiensi
Pengurus GenPI LS Wefie Di Sela Menunggu Audiensi

Dihubungi terpisah, Taufan Rahmadi penggiat pariwisata nasional melalui bukunya yang berjudul Protokol Destinasi yang akan terbit pada agustus mendatang, mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan harus dikawal dan dimonitor. Termasuk oleh komunitas GenPI. Sinergi Genpinas , Genpi Lombok Sumbawa bersama Pemprov NTB adalah kolaborasi yang akan saling menguatkan dalam rangka mempercepat pemulihan pariwisata di NTB.

“Waktunya kita semua bersatu untuk menghadapi cobaan covid19 ini,” tutup Taufan Rahmadi.

Genpi LS

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) adalah komunitas volunteer yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI. GenPI lahir berawal dari relawan pariwisata Wonderful Lombok Sumbawa yang termotivasi untuk meningkatkan peran digital dalam promosi pariwisata melalui media sosial. Read more...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button