Aksinergi Rakornas GenPI 2021 di Mandalika Lombok

by Subhan Sumbawa

Mataram, NTB. Euforia Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas ) Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sudah dimulai di hari pertama, Jumat 12 Nopember 2021. Peserta Rakornas GenPI 2021 yang berdatangan dari penjuru Indonesia, ramai-ramai menyetorkan kisah perjalanan mereka menuju Lombok, baik dalam foto juga video. GenPI Toli Toli contohnya. Mereka menempuh perjalanan darat yang panjang, lalu melalui tiga pelabuhan laut besar, yakni Makassar, Tanjung Perak Surabaya dan merapat di pelabuhan laut Lembar di Lombok Barat. Cuaca mendung dan sebagian bahkan hujan deras, mewarnai kedatangan peserta rakornas dari penjuru Indonesia.

Apresiasi tinggi berikutnya, perlu disematkan kepada tim GenPI Natuna. Wakil Bupati Natuna Rodial Huda menyempatkan hadir dan mengikuti rangkaian acara rakornas yang akan berlangsung selama tiga hari. Tepatnya dimulai hari ini, acara puncak rakor di Sabtu besok, serta diakhiri dengan famtrip di hari Minggu 14 Nopember. Total peserta rakornas sebanyak 50 lebih pengurus inti dari GenPI Nasional. GenPI Provinsi, serta GenPI Kabupaten/Kota se-Indonesia.

GenPI Jatim Naik Kereta Api

BACA SKUY: Guyub dan Sinergi Komunitas di  Rakornas GenPI 2020  Yogyakarta

Ketua Panitia Pelaksana GenPI LS, Rizki Fadly, mengungkapkan rasa syukur atas terpilihnya Lombok sebagai venue rakornas tahun ini.

“Saya mewakili teman-teman GenPI Lombok Sumbawa (LS), menyampaikan banyak terima kasih, telah dipercaya menjadi pelaksana dari rakor GenPI Nasional. Ini menjadi bentuk dukungan nyata kami, terhadap pariwisata Lombok Sumbawa, dimana di bulan ini juga akan menjadi venue dari event internasional. Salah satunya, World Superbike,” terang Rizki, panggilan akrab dari Ketua Harian GenPI LS.

Peserta Rakornas GenPI 2021 yang menyeberang lewat laut

Ketua Pelaksana dari GenPI Nasional, Primo Y.Y. Mangkey, yang juga Ketua GenPI Sulawesi Utara juga sama menyampaikan rasa syukur. GenPI sebagai relawan yang fokus pada promosi kepariwisataan Indonesia umumnya, bisa turut meramaikan promosi pariwisata Lombok Sumbawa secara khusus.

“Lombok menjadi venue dari dua ajang balap dunia. Sewajarnya GenPI Indonesia juga turut mendukung, sederhananya ya menjadi venue dari rakor rutin tahunan kami,” jelasnya disela kesibukan perjalanan menuju Lombok.

Jhe Ipul, panggilan akrab Ketua Umum GenPI Nasional Siti Chotijah mengamini dua pernyataan dari ketua pelaksana di atas. Tiga hari rangkaian Rakornas GenPI 2021, salah satu bentuk dukungan nyata jaringan GenPI se-Indonesia. Dimana saat ini, kepengurusan GenPI telah terbentuk di 34 provinsi sampai 210 kabupaten/kota.

BACA SKUY: Rakor GenPI Nasional 2020 Yogyakarta

“Masing-masing kepengurusan juga mengelola akun-akun sosial media official, sehingga beragam bentuk promosi pariwisata yang kami lakukan, bisa membantu optimasi promosi digital stakeholder pariwisata se-Indonesia. Itu pula salah satu dasar, mengapa Aksinergi lintas komunitas menjadi tema umum Rakornas GenPI 2021. Promosi pariwisata Indonesia, Lombok Sumbawa, sudah menjadi keharusan serta kolabori GenPI bersama komunitas-komunitas lainnya,” tegasnya.

Wabup Natuna Radiul Huda telah hadir di Rakornas GenPI 2021

Dukungan positif berdatangan dari banyak pihak. Sebagian besarnya telah diunggah di banyak akun sosial media official GenPI se-Indonesia. Utamanya di akun sosmed GenPI Nasional, yaitu Genpi Id (instagram, twitter dan web) – salah satu ucapan terpasang di feature foto rilis ini.

Di samping berbagai ucapan selamat, dukungan bagi Rakornas GenPI 2021 juga datang dari beragam stakeholder kepariwisataan Lombok Sumbawa, juga dari satu brand besar di dunia outdoor yaitu Eiger. Sponsor-sponsor lokal, diantaranya Sasaku, Relax and Co, Sate Rembige Goyang Lidah, Madu Lapak Mertua, Nutsafir Cookies Lombok, serta Lalapan Mbak Yul.

Tim Rilis GenPI LS: Muslifa Aseani, Subhan Azharullah | #genpixwsbk #aksinergi #rakornasgenpi2021

You may also like

Leave a Comment