Kolaborasi Bersama GenPI, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Gelar Mini Talkshow Photography

by Emen Ardiansyah


www.GenpiLombokSumbawa.com, Mataram – Rabu (7/6) bertempat di Media Center Pesona Khazanah Ramadhan Islamic Center yang dikelola oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram menggelar Mini talkshow photography bertajuk “share your traveling moment”.

                Kegiatan yang dihadiri sekitar 30 orang pelajar ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dalam bidang fotografi bagi yang ingin menggelutinya. Untuk itu, panitia menghadirkan dua orang narasumber yang bisa dikatakan ahli dalam bidangnya, karena keseharian mereka tidak lepas dari dunia fotografi. Sebut saja, M. Zuhri Isnaeni yang merupakan salah satu pengurus UKM Fotografi Kampus (Fokus) Universitas Mataram serta Mahrus Putra “Boleng” yang merupakan salah satu videographer dalam pembuatan video promosi “Visit Lombok Sumbawa”.

Dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda, kedua pemateri berusaha untuk membuat para peserta agar mampu masuk dalam dunia mereka. M. Zuhri Isnaeni sebagai narasumber pertama memaparkan terkait phonegraphy. Dalam presentasinya dia mengungkapkan bahwa “saat ini kita telah memasuki era di mana siapa saja bisa mengambil foto yang bagus meski hanya menggunakan smartphone, karena saat ini pengembangan kamera pada smartphone sudah sangat canggih”. Dan sebelum mengakhiri presentasinya, Zuhri juga memberikan tips dan trik pengambilan gambar yang baik meskipun hanya bermodalkan smartphone. Salah satunya adalah dengan cara memperhatikan komposisi dari gambar yang akan diabadikan.

Sementara itu, Boleng – sapaan akrab narasumber kedua, meskipun tidak sempat menyiapkan file presentasi dan tidak memiliki waktu yang panjang untuk bicara, dia berhasil membuat para peserta yang hadir menjadi takjub. Karena di waktu yang singkat itu dimanfaatkannya untuk memperlihatkan Video Promosi Pariwisata Nusa Tenggara Barat yang berhasil dibuatnya bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB beberapa tahun lalu.

Selapas salat ashar, para peserta diberikan tantangan untuk mengambil foto terbaik mereka di sekitar islamic center hanya dengan menggunakan smartphone, hal ini sekaligus dimaksudnya untuk mengimplementasikan ilmu yang baru saja didapat peserta dari narasumber. Nantinya foto yang telah diambil, harus diunggah ke media sosial instagram untuk dilakukan penilaian oleh para juri dan akan diberikan hadiah bagi mereka yang menghasilkan foto terbaik.

Kegiatan yang berakhir pukul 17.45 wita ini merupakan kegiatan yang sangat mendukung program kerja yang sedang dilaksanakan oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa.Yakni Lombok Sumbawa Photo Contest serta Lomba Photo Of The Day. Sehingga diharapkan setelah para peserta mengikuti kegiatan ini, mereka mampu meramaikan kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh GenPI Lombok Sumbawa selama bulan ramadhan kali ini. Dan semoga melalui kegiatan ini, akan lahir fotografer-fotografer yang handal serta bertanggung jawab di Nusa Tenggara Barat.

 

Salam Pesona Indonesia.

(Emen/GenPILS)

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.