Festival Film Pendek Banyak Diminati, Kadispar NTB Sampaikan Apresiasi

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Mataram – Bulan Pesona Lombok Sumbawa sudah memasuki minggu akhir, berbagai rangkaian kegiatan semakin giat dilaksanakan, setelah beberapa hari lalu Wonderful Sail 2 Indonesia meramaikan Festival Gili Tramena Begawe, hari ini (14/09) digelar Workshop Film Pendek ‘MOVIEMENT” yang mengangkat tema ‘Pesona Lombok Sumbawa Dalam Lensa’. Workshop Film Pendek ini berlangsung di Gedung Teater Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan menghadirkan Sutradara muda berprestasi, Yandy Laurens sebagai narasumber dalam kegiatan workshop.Kegiatan ini juga diikuti oleh sineas-sineas muda NTB yang ingin memperdalam ilmunya terkait pembuatan film.

Sebelum kegiatan workshop berlangsung, panitia pelaksana yang beranggotakan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram juga menyelenggarakan  Lomba Film Pendek. Film Pendek yang mengikuti lomba ini tercatat hingga 43 film pendek karya sineas-sineas muda yang ada di Lombok dan Sumbawa. Sineas-sineas yang  mendaftarkan dirinya tidak hanya dari kalangan mahasiswa, namun kalangan siswa SMA dan juga profesional.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Bapak H. Lalu Moh Faozal yang hadir dan memberikan sambutan mengaku sangat terkesan dengan adanya kegiatan ini, kegiatan ini beliau akui sangat membantu Dinas Pariwisata Provinsi NTB dalam melakukan promosi, “Saya sangat senang dengan kegiatan ini, dan saya akui bahwa kami (Dinas Pariwisata) memang tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan promosi, dan karya teman-teman yang hadir saat ini sangat membantu kami”, ucap beliau.

Tidak hanya mengapresiasi karya-karya yang telah dihadirkan para sineas-sineas muda NTB, Bapak Lalu Moh. Faozal juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram dan Generasi Pesona Indonesia Lombok Sumbawa yang selalu mendukung Dispar NTB. “Dalam pariwisata, terdapat rumus penthahelix, ABCGM (akademisi, bisnis, community, government dan media) dan teman-teman sebagai bagian dari pentahelix sangat membantu kami”, ucap Pak Faozal sebelum mengakhiri sambutannya.

Kegiatan Workshop film pendek sendiri merupakan media edukasi bagi para sineas-sineas muda NTB yang ingin mengembangkan hobinya dalam bidang perfilman. Yandy Laurens selaku Sutradara yang dihadirkan dalam kegiatan workshop ini merupakan sutradara muda berprestasi yang karya-karyanya telah mendapatkan beberapa  penghargaan.  salah satunya adalah sebagai Pemenang Citra Award sebagai Best Short Film untuk Film ‘WAN AN’ yang disutradarainya.

Setelah melaksanakan workshop, pada hari selanjutnya akan ada sesi ‘screening’ untuk film yang berhasil masuk tahap 10 besar. Screening film adalah tahap akhir  untuk memilih film terbaik. Dalam tahap ini para sutradara dari 10 film terpilih akan mempresentasikan filmnya di depan para juri salah satunya adalah yandy Laurens. Kehadiran Sutradara web Series bertajuk ‘SORE (Istri dari Masa Depan)’ diharapkan mampu memotivasi para sineas muda untuk menghasilkan suatu karya yang berkualitas dan pada akhirnya mampu menjadi sutradara yang berprestasi dengan karya-karyanya yang menarik.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.