International Halal Travel Fair Lombok Hadir Lagi

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Mataram – International Halal Travel Fair (IHTF) siap digelar kembali di tahun ini. Menjadi bagian dari rangkaian penutup pelaksanaan Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS), IHTF merupakan ajang promosi pariwisata halal yang saat ini menjadi andalan pariwisata NTB. Kegiatan ini merupakan ajang dipertemukannya para pelaku pariwisata seperti Travel agent, Hotel, Transport dan Outbound dengan para buyer yang berasal dari luar NTB bahkan dari luar Indonesia.

Kegiatan IHTF sendiri dilaksanakan atas dasar mendukung program wisata halal yang selama ini dijalankan pemerintah. Hal ini juga tentu erat hubungannya dengan diraihnya beberapa penghargaan tingkat dunia dalam bidang wisata halal oleh pemerintah NTB. Sehingga diperlukan adanya kegitan promosi yang mampu mendukung para pelaku wisata yang bergerak dalam bisnis wisata halal.

Hingga beberapa hari menjelang pelaksanaan kegiatan, ASPPI NTB selaku pelaksana teknis kegiatan mencatat sekitar 220 buyer siap berkunjung ke Lombok. 220 buyer ini berasal dari buyer domestik dan mancanegara seperti India, Malaysia, Brunei Darussalam dan Australia). nantinya para buyer tersebut akan dipertemukan dengan kurang lebih 60 seller yang berasal dari Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB, Association of Indonesian Tour and Tavel Agent (ASITA) NTB dan Asosiasi Pariwisata Islami Indonesia (APII) NTB.

Berbagai rangkaian kegaitan telah disiapkan untuk menjamu para peserta IHTF yang akan berlangsung pada tanggal 14-17 September 2017 mendatang. Di hari pertama, para peserta yang tiba sebelum pukul 14.00 wita, akan diajak untuk berkunjung ke daerah wisata di Lombok  Tengah seperti Desa Wisata Ende, Pantai Kuta dan lainnya. Di malam harinya, bersamaan dengan pelaksanaan Fashion On The Street, para peserta IHTF akan dijamu makan malam di kawasan kantor Gubernur NTB.

Untuk hari kedua, setelah travel fair dan kegiatan pembukaan para peserta akan berpindah ke kawasan sembalun. Sembalun sendiri merupakan salah satu ikon wisata halal NTB, karena dalam ajang World Halal Tourism Award 2016 lalu, sembalun berhasil mendapat award untuk kategori ‘World Best Halal Honeymoon Destination’. Di sana para peserta akan diinapkan lalu keesokan harinya akan mengikuti kegiatan ‘Sembalun Holticulture Festival’ dan berkunjung ke beberap destinasi di kawasan Senaru, Kabupaten Lombok Utara.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.