Esthy Reko Astuti Kunjungi Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalilah

by bunsal
Silaturahmi Esthy RA ke Ibu Wagub NTB

Esthy Reko Astuti, Staf Ahli Menpar sekaligus Penanggung Jawab CoE Kemenpar, bertemu Wakil Gubernur (Wagub) NTB Sitti Rohmi Djalilah. Silaturahmi ini berlangsung, serangkaian dengan prescon dan Rakor Persiapan Wonderful Event Festival Pesona Bau Nyale 2019. Pada Kunjungan ini,  Esthy Reko Astuti didampingi Kadispar NTB menyampaikan berbagai hal terkait persiapan event Bau Nyale 2019.  

Rakor Persiapan dan Prescon sendiri telah berlangsung di hotel D’Max, Praya, Rabu 23 Januari lalu. Rakor dihadiri segenap unsur SKPD kabupaten Lombok Tengah (Loteng), serta stakeholder kepariwisataan terkait event rutin tahunan Bau Nyale.

Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi tinggi gelaran Wonderful Event Festival Pesona Bau Nyale 2019. Satu pesan khusus, agar rangkaian kegiatan selama event tetap mengusung konsep halal. Seiring beberapa penghargaan dunia yang telah diterima pariwisata Lombok.

Disamping konsep halal, satu target penting juga diharapkan teraih. Kadispar NTB, LM Faozal menyampaikan Zero Waste Campaign di perhelatan Bau Nyale 2019. Target yang menjawab tantangan agar terjaganya venue-venue event Bau Nyale selama sembilan hari (17 sampai 25 Februari 2019) tetap bersih.

“Kami akan melibatkan para organisasi Bank Sampah serta masyarakat sekitar. Kita akan menyediakan kantong sampah sekali pakai,” jelas Faozal.

Konsep Halal di 10 Agenda Bau Nyale 2019

Di sisi lain, Faozal juga menargetkan angka pengunjung selama event berlangsung, di angka 1.5 juta wisatawan nusantara (wisnus). Target yang diharapkan tercapai. Bau Nyale 2019 telah siapkan 10 agenda acara menarik. Mulai dari beberapa kontes, seperti Mandalika Photo Contest (17-23 Februari), Surfing Contest di Pantai Gerupuk (17 Februari), Putri Mandalika 2019 di kota Praya (24 Februari) serta Lomba Memasak dengan bahan utama dari ikan.

Tak hanya kontes-kontes menarik, mengedepankan konsep halal, ada pula Mandalika Berdzikir di Masjid Nurul Bilad (22 Februari).  Konsep sama diterapkan juga selama Parade Budaya di Fashion Carnaval (23 Februari). Ingat pula untuk menghadiri Creative Dialog (21 Februari) dan momen di acara Pengelolaan Desa Wisata Mandalika (18 Februari).

Peserta Fashion Carnival Bau Nyale.
Peserta Fashion Carnival Bau Nyale.

Keseluruhan rangkaian event Bau Nyale 2019 dan target-target yang ditetapkan, disosialisasikan massif.  

“Semua mobil Kepala UPTD se-Lombok Tengah akan dipasangkan branding Bau Nyale. Demikian juga semua kantor UPTD, spanduk Bau Nyale akan terpasang. Seluruh perangkat daerah harus mampu menunjukkan kesiapan kita secara maksimal. Baik kesiapan teknis maupun kesiapan sosial,” tegas HM Nursiah, Sekda Loteng (Rabu, 23/01).

Pernyataan terpisah, terkait persiapan panjang pelaksanaan event Bau Nyale 2019. Salah satu informasi yang disampaikan di prescon Bau Nyale 2019, sehari sebelum kunjungan ke Wagub NTB.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.