Lombok Sumbawa Travel Ajak GenPI Diskusi Pariwisata di Pasar Pancingan

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, BILEBANTE – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa pada hari minggu (10/02/2019) berkesempatan berbagi cerita terkait peran serta GenPI Lombok Sumbawa dalam pengembangan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan yang diberi nama ‘Diskusi Publik Peran Serta GenPI Lombok Sumbawa dalam Pengembangan Pariwisata NTB’ ini merupakan inisiasi dari Lombok Sumbawa Travel yang merupakan salah satu travel agent yang beroperasi di Pulau Lombok dan diikuti oleh 27 Mahasiswa UIN Sunan Ampel, Surabaya yang merupakan tamu dari Lombok Sumbawa Travel serta diikuti pula oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Hijau Bilebante.

Menurut Jackysan selaku pemilik travel, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan GenPI Lombok Sumbawa sebagai salah satu relawan pariwisata yang merupakan percontohan peran serta pemuda dalam membantu pengembangan desa.

“Jadi kegiatan ini memang sengaja saya laksanakan, kebetulan tamu yang saya bawa ini merupakan mahasiswa dari Surabaya, dan Pasar Pancingan yang dioperasikan oleh GenPI Lombok Sumbawa merupakan salah satu lokasi yang cocok untuk dijadikan percontohan untuk Sharing Knowledge bagi tamu yang saya bawa ini”, ungkap Jackysan.

Dalam diskusi yang berlangsung dari pagi hari hingga siang hari ini, Mala Mardialina serta Zarkasi turut hadir selaku perwakilan dari GenPI Lombok Sumbawa sekaligus menjadi narasumber untuk berbagi pengalaman terkait perjalanan GenPI Lombok Sumbawa.

Mala Mardialina selaku ketua umum GenPI LS memperkenalkan GenPI Lombok Sumbawa secara organisasi serta tugas dan fungsinya, lalu dilanjutkan dengan perkenalan terkait Destinasi Digital atau Pasar GenPI yang ada di Indonesia maupun di NTB.

Dikarenakan diskusi ini menitikberatkan pada pembahasan terkait peran serta genpi terhadap perkembangan daerah, maka Mala selaku Ketua GenPI Lombok Sumbawa lebih menjelaskan terkait Pasar Pancingan yang merupakan salah satu Destinasi Digital yang dikelola GenPI yang cukup sukses mempromosikan Desa Wisata Bilebante hingga mampu berkembang dan dapat dikunjungi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia pada 2018 lalu.

Tidak hanya berdiksusi satu arah, namun kegiatan ini juga membuka sesi tanya-jawab yang diikuti secara antusias oleh para mahasiswa asal UIN Sunan Ampel, Surabaya sebelum akhirnya kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama dengan menu makanan khas Lombok yang dijual di Pasar Pancingan. 

Kehadiran para mahasiswa UIN Sunan Ampel di Pasar Pancingan sendiri merupakan bagian dari jadwal perjalanan yang disajikan oleh Lombok Sumbawa Travel dalam lima hari perjalanan yang diikuti oleh rombongan. Selain Pasar Pancingan, mahasiswa UIN Sunan Ampel juga akan mengunjungi beberapa destinasi popular di Pulau Lombok seperti Kawasan Kuta Mandalika, Lingsar serta Gili Trawangan. 

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.