Festival Pesona Tambora 2019 Gelar 27 Event

by bunsal
Rakor Final Wonderful Event Festival Pesona Tambora 2019

27 Event Festival Pesona Tambora 2019 di Lima Kabupaten Kota Pulau Sumbawa

Event Calendar of Event (CoE) kedua di NTB, Festival Pesona Tambora (FPT) 2019 semakin dekat. Rapat Koordinasi Final Wonderful Event FPT 2019, digelar Rabu 20 Maret kemarin, di Sembalun ballroom Hotel Aston Inn kota Mataram. Di rakor ini, semua agenda rangkaian event FPT 2019, mulai dari 31 Maret sampai 11 April nanti sudah fixed.

Rakor dipandu tiga narsum utama, yaitu Kadispar NTB, Staf Khusus Kemenpar – Deputi Pemasaran I Regional 3 dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB. Undangan yang hadir, semua kadis kabupaten/kota, para ketua pelaksana event, juga tenant serta partner dari masing-masing event.

“SIlakan, masing-masing kadis kabupaten/kota menjelaskan rangkaian event di daerahnya masing-masing. Kita harus sudah mencapai kesepakatan final untuk semua rangkaian event FPT 2019 ini,” demikian sambutan awal dari HL Moh Faozal, Kadispar NTB.

Rangkaian Event FPT 2019 di Kota dan Kabupaten Bima

Dandim Bima, Bambang K. menjelaskan khusus detail pelaksanaan event Lawata Triathlon. Event sport-tourism ini baru pertama kali diadakan dan diharapkan memberi warna baru di FTP 2019.

“Triathlon diselenggarakan di seputar kota Bima. Jalur renang sepanjang 700 meter, Lari 5 kilometer dan Sepeda 20 kilometer. Kami berusaha mendatangkan Andi iron-man Wibowo, satu atlet triathlon yang terkenal. Ke depan kami harapkan juga bisa menjadi event rutin, dan akan lebih baik jika bisa menjadi event skala internasional,” jelas Bambang K., Rabu (20/03).

Prescon Usai Rakor.

Ragam event lainnya di kota dan kabupaten Bima, ada Color Run, Bima Bike, Fashion Show, Seminar-seminar, Teka Tambora (pendakian bersama Gunung Tambora), serta Lawata Festival.

Puncak FPT 2019 dan Event Lain di Kabupaten Dompu

Sabana Doro nCanga masih akan menjadi venue utama keseluruhan rangkaia event FPT 2019. Di acara puncak tanggal 11 April nanti, hiburan akan diwarna tarian kolosal. Ada pula Kampung Kuliner dengan pelaksana utama Ikatan Pengusaha Muslimah Idonesia (IPEMI) NTB.

Dua acara unik lainnya, yaitu Lomba Kicau Mania untuk para penggemar burung berkicau. Kemudian, target pemecahan rekor MURI untuk perebusan dan makan bersama jagung rebus terbanyak se-Indonesia.

Kadis Dompu, Kadis Bima dan Dandim Bima.

Catatan khusus berikutnya, disamping seminar geopark, diharapkan bisa dilangsungkan pula seremoni peresmian Cagar Biosfer Tambora. Dua event yang khusus bertalian dengan eksisnya Gunung Tambora. Jangan lupa, Festival Kopi Tambora juga tetap bisa dinikmati di FPT 2019.

Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat dan Lombok

Highlight event dari dua kabupaten di ujung barat pulau Sumbawa, diantaranya, Semalam Di Dalam Loka, Seminar dan Fashion Show, Pacuan Kuda,serta  Kenawa Camp. Satu event di Lombok, yaitu Golf Tournament. Venue event dilaksanakan di Rinjani Golf, Lombok Utara.

Usai rakor final kemarin, launching formal berikutnya diagendakan di momen Car Free Day di Jakarta, Minggu 24 Maret nanti. Launching akan dihadiri oleh perwakilan dari semua kabupaten/kota yang melaksanakan 27 ragam event FPT 2019.

Usai rakor, Kadispar NTB dan segenap pejabat dispar kabupaten/kota serta ketua pelaksana, melakukan prescon. Di prescon, selain menyampaikan kesimpulan pelaksanaan rakor final, dilaksanakan juga diskusi dengan para awak media . Tentu dengan harapan, semua stakeholder kepariwisataan Lombok dan Sumbawa, sama-sama bersiap dan bersinergi, mendukung kesuksesan penyelenggaran FPT 2019.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.