Wisatawan Mancanegara Ramaikan Festival Gili Tramena Begawe

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Lombok Utara – Festival Gili Tramena Begawe merupakan kegiatan kedua dalam rangkaian Bulan Pesona Lombok Sumbawa yang pelaksanaannya berlangsung di Kabupaten Lombok Utara, setelah sebelumnya Lombok Utara juga terlibat dalam pelaksanaan event kelas dunia yaitu Gran Fondo New York. Pada tahun ini Festival Gili Tramena Begawe disandingkan dengan pelaksanaan ‘Wonderful Sail 2 Indonesia’, Sebuah kegiatan pelayaran yang melibatkan puluhan yacth dari berbagai negara yang kemudian berkumpul di kawasan wisata Medana, Kabupaten Lombok Utara.

Sebanyak 40 yacth dari 15 negara turut meramaikan pelaksanaan festival gili tramena begawe yang berlangsung pada selasa (12/09) di kawasan Medana, Lombok Utara. Dalamkegiatan yang berlangsung sore hari ini telah disediakan berbagai suguhan daerah dan tradisional untuk menjamu para wisatawan mancanegara yang telah hadir. Mulai dari jajanan lokal, masakan khas lombok, permainan rakyat, alat musik tradisional hingga tradisi begibung turut menjadi suguhan.

Suguhan yang paling menarik perhatian para wisatawan adalah tari rudat, dan tradisi begibung. tari rudat menjadi begitu difavoritkan karena setelah para penari usai, para wisatawan begitu bersemangat untuk ingin ikut memeragakan setiap gaya yang ada dalam tari rudat. sedangkan begibung, menjadi menarik karena ini merupakan suatu hal yang tidak pernah ada di negara asal para peserta Wonderful sail 2 Indonesia yang hadir. Sehingga memberikan pengalaman yang sangat berkesan bagi para wisatawan tersebut.

Bergabungnya Bapak kepala Dinas pariwisata NTB serta Bapak Bupati Kabupaten Lombok Utara ketika begibung merupakan salah satu hal yang menarik pula. Sesuai dengan filosofi dari begibung, yaitu semua orang duduk sama rata, begitulah keadaan yang tergambar dalam kegiatan yang berlangsung di pinggir pantai ini.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Bapak Lalu Moh. Faozal dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada penyelenggara Wonderful Sail 2 Indonesia, karena kegiatan ini sangat mendukung program yang sedang dicanangkan provinsi terkait pencapaian 3.5 juta wisatawan yang terdiri dari 2 juta wisatawan domestik dan 1.5 juta wisatawan mancanegara.

“Saya sangat senang dengan pelaksanaan kegiatan ini, kami di Provinsi memiliki program terkait target kunjungan wisatawan sebanyak 3.5 juta untuk tahun 2017 ini. 2 juta untuk wisatawan domestik dan 1.5 juta untuk wisatawan mancanegara, dan kegiatan Sail ini sangat bagus sekali dan sangat membantu kami (red: dinas pariwisata provinsi)”, ucap Bapak Kepala Dinas.

Selanutnya para peserta Wonderful sail 2 Indonesia ini dijadwalkan akan berkunjung ke kawasan Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air) untuk melakukan snorkeling, diving atau aktivitas lainnya. Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan di Lokmbok, selanjutnya para peserta sail akan menuju ke kawasan Lovina, Bali Utara.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.