Event

Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020 Ramaikan Mall Epic

Mataram, Lombok. Pusat perbelanjaan terbesar Lombok, Mall Epicentrum semakin ramai dengan satu event pariwisata. Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020, event yang digagas Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnada) NTB. Expo berlangsung dua hari, 7 sampai 8 Desember 2020.

Event dibuka langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., dihadiri Koordinator Pemasaran Regional 1 Area 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Taufik Nurhidayat. Hadir pula Ketua Dekrasnada NTB Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Ketua DPR Mori Hanafi, Kadispar provinsi NTB H.L. Moh. Faozal, serta undangan lainnya.

Pemukulan Gendang Beleq sebagai tanda launchingnya Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020
Pemukulan Gendang Beleq sebagai tanda launchingnya Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020

BACA LAGI: Sinergi di Rakorda BPPD NTB

Potensi Ekonomi Meningkat di Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020

Transaksi dan kunjungan yang meningkat selama expo berlangsung, dinilai Taufik sebagai kondisi yang bagus serta wajar. Di masa adaptasi dan penerapan New Normal Life saat ini, masyarakat mulai melakukan aktifitas biasa mereka. Lebih lanjut, ia menegaskan perlunya event seperti ini, untuk mulai menghidupkan perekonomian. Terutama para pengusaha UMKM.

Selama expo, beberapa stand juga turut meramaikan. Mereka memberikan penawaran terbaik, untuk bisa menghabiskan waktu terbaik. Meski liburan bersama di akhir tahun ini terbatas beberapa hari saja, namun banyak juga yang memutuskan mengambil cuti panjang. Rate akomodasi terbaik Lombok, telah menunggu.

Dua busana dari salah satu designer peserta Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020
Dua busana dari salah satu designer peserta Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020

Masih di rangkaian Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020, berlangsung pula fashion show. Para designer yang ikut, mempertunjukkan koleksi busana yang menggunakan tenun khas Lombok, Sumbawa dan Bima. Warna-warna dan motif tenun menjadi pemandangan menarik, terutama karena lokasi expo berada di pusat perbelanjaan teramai Lombok.

BACA LAGI: Tenun Lombok Sumbawa Hadir di Perth Australia

Millenials di Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020

Ketua Dekrasanada NTB dan para designer di Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020
Ketua Dekrasanada NTB dan para designer di Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020
Kemeja pria dari Tenun Lombok Sumbawa di Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020
Kemeja pria dari Tenun Lombok Sumbawa di Accomodation Expo dan Tenun Festival 2020

Antusiasme peserta expo terbukti. Total 104 peserta ikut aktif selama dua hari. 40%nya bahkan mewakili SMK-SMK yang tersebar di NTB. Ini menunjukkan generasi millennial sekali pun bisa berperan aktif dalam pariwisata. Bahkan dengan menghasilkan karya nyatam berupa busana-busana atau produk kreatif. Yang diolah dari tenun khas di NTB.

Pelaksanaan expo selama dua hari, tetap dengan mematuhi protkes ketat. Di banyak sudut, disediakan hand sanitizer, juga pemakaian masker sepanjang waktu.

Peliput: Toni Tastura. Penulis: Muslifa Aseani

Genpi LS

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) adalah komunitas volunteer yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI. GenPI lahir berawal dari relawan pariwisata Wonderful Lombok Sumbawa yang termotivasi untuk meningkatkan peran digital dalam promosi pariwisata melalui media sosial. Read more...

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button