Event

Destinasi Pariwisata Unggulan Temani Perjalanan Torch Relay Selama di Lombok

Genpilomboksumbawa.com, LOMBOK – Tiba di Lombok pada Rabu (25/7) Api Obor Asian Games 2018 disambut meriah dengan beberapa rangkaian kegiatan di Bandara Internasional Lombok (BIL). Api Obor Asian Games 2018 ini tiba di Lombok dengan dibawa langsung oleh Marsekal Pertama TNI Bapak Eko Dono yang selanjutnya langsung diserahkan kepada pihak Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah NTB Bapak Rosiady Sayuti.

Dari BIL, kemudian Api Obor Asian Games dibawa berkeliling ke beberapa destinasi pariwisata unggulan di Pulau Lombok yang diawali dari destinasi yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Desa Sade yang merupakan Desa Adat menjadi destinasi pertama yang dilintasi ketika rombongan Torch Relay akan menuju Kawasa Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Setelah tiba di KEK Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, rombongan Torch Relay telah dinanti oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Pihak ITDC selaku pengelola KEK Mandalika serta masyarakat dan wisatawan yang kebetulan berada di area beachwalk Pantai Kuta Mandalika.

Panggung terbuka (Outdoor) menjadi panggung utama yang menjamu rombongan Torch Relay selama berada di Mandalika, beragam kegiatanpun disajikan seperti tarian daerah, seremonial penyambutan, serta foto bersama.

KEK Mandalika sendiri merupakan Kawasan Prioritas Nasional yang juga masuk dalam program ’10 Bali Baru’ milik Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Saat ini, KEK Mandalika telah mengalami banyak perubahan setelah proses pengerjaannya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Bulan Oktober 2017 lalu. Tidak sekedar meresmikan, namun Presiden Jokowi juga turut membuat vlog pribadinya yang mengagumi keindahan garis pantai KEK Mandalika.

Setelah rangkaian kegiatan di KEK Mandalika usai, selanjutnya Api Obor Asian Games 2018 dibawa menuju Kota Mataram. Lebih tepatnya di salah satu destinasi unggulan di dalam kota, yaitu Pantai Ampenan yang berada di Kawasan Kota Tua Ampenan, Mataram.

Bangunan-bangunan tua penuh nilai sejarah menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan ini. Di Pantai Ampenan, kegiatan inti dari Torch Relay Lombok berlangsung. Pantai Ampenan menjadi titik pelepasan Kirab Obor yang akan dibawa berlari oleh Torch Bearer hingga titip inap di depan Pendopo Gubernur NTB.

Dengan dilepas langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomar) Bapak Luhut Binsar Pandjaitan dan ditemani oleh Gubernur NTB Bapak TGH. M. Zainul Majdi, Torch Bearer berlari secara estafet dengan melintasi 17 checkpoint. Islamic Center Hubbul Wathan yang merupakan ikon Pariwisata Halal di Pulau Lombok juga turut dilewati oleh para torch bearer sebelum akhirnya tiba digaris finish dan diterima oleh Sekda NTB.

Setelah diserahkan kepada Sekda NTB, selanjutnya Api Obor Asian Games akan diinapkan selama satu malam sebelum esok harinya akan dibawa menuju Sorong, Papua Barat.

Emen Ardiansyah

Pastikan Bahwa Kerja Keras Kita, Bisa Membuat Bangsa Ini Bangga. Hidup hanya sekali, jangan menua tanpa karya dan inspirasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button