Serunya Lombok Trail Adventure 3 di Sekotong Lombok

by Genpi LS
Atraksi Seorang Peserta LTA 3

Rangkaian event menarik masih diselenggarakan jajaran pemerintah kabupaten (pemkab) Lombok Barat. Event-event ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-61, kabupaten di ujung barat Lombok ini. Salah satunya, Lombok Trail Adventure (LTA). Event ini telah diselenggarakan tiga kali, dan kali ini venue utamanya berada di Pantai Elak-Elak. Satu spot pantai cantik Lombok, yang berada di kawasan Sekotong.

LTA ke-3 kali berlangsung unik dan lebih menarik. Sisi uniknya, Gubernur NTB H. Zulkiflimansyah turut hadir. Bahkan, ia ikut menaiki salah satu motor trail peserta, meski tidak mengikuti keseluruhan rute. Sisi menarik LTA 3, tak hanya mengangkat keindahan pantai Elak-Elak dan Sekotong, namun banyak peserta yang juga menginap di lokasi event. Tepatnya, one nite camping.

LTA 3 Lombok Barat

LTA 3 Lombok Barat

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, menyebutkan pemilihan lokasi di Sekotong sangat beralasan.

“Keindahan spot-spot wisata di Sekotong mulai semakin eksis dan mendunia. Beberapa waktu lalu, Buwun Hills sempat viral di media sosial. Di bukit ini pula, diadakan shoot video official Puteri Indonesia,” sebagian yang disampaikan di sambutannya, di seremoni pembukaan event.

LTA sendiri telah dilaksanakan di beberapa destinasi wisata terkenal Lombok Barat lainnya. Pertama kali, diadakan di kecamatan Lembar. Kawasan yang menjadi gerbang utama pengunjung Lombok, dari pintu pelabuhan laut. LTA ke-2, diselenggarakan di pantai wisata Senggigi. Senggigi sendiri sudah sangat lekat, salah satu ikon pariwisata terbaik Lombok.

Pada Sabtu, 27 April 2019 lalu, sejak pagi buta peserta sudah mulai bersiap. Latar pemandangan cantik teluk Sekotong serta lereng perbukitan di sekitar jalur trail, memberikan foto-foto indah. Rangkaian acara sepanjang hari itu, dimulai dengan ramainya para peserta menyiapkan motor trailnya masing-masing.

View Teluk Sekotong di latar venue Lta 3

View Teluk Sekotong di latar venue Lta 3

Sekitar pukul 8 pagi, seremoni pembukaan dimulai. Musik pengiring, Gendang Beleq Lombok, ditabuh dan mengawal kedatangan undangan VVIP (Gubernur, Bupati dan pejabat lainnya). Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lombok Barat, sebagai Ketua Pelaksanan event, juga melaporkan kinerjanya di momen pembukaan ini.

Segera setelah seremoni pembukaan usai, ratusan peserta LTA mulai bersiap. Rute-rute eksploring dimulai dari Pantai Elak-Elak sendiri. Rute berlanjut menelusuri lereng-lereng perbukitan di Buwun (eksis dengan nama yang viral, Buwun Hills). Rute kemudian berakhir kembali di venue utama, Pantai Elak-Elak.

Ramainya peserta, ditambah pula oleh ramainya penonton, memadati setiap spot rute motor trail. Aksi-aksi mendebarkan juga ditunjukkan para rider. Tak jarang, beberapa peserta gagal menaiki motor trailnya sampai ke titik akhir di puncak bukit.

Keseluruhan event berakhir di pukul 6 sore. Haidah-hadiah doorprize dibagikan, juga hadiah bagi para juara event. LTA ke-3, selain menjadi ajang silaturahmi para rider motor trail, diharapkan juga mampu mengangkat lagi pesona wisata Sekotong. Magnet dari keindahan khas Buwun Hills, akan semakin dikenal luas. Bukan tak mungkin, suatu saat akan juga menjadi spot wisata ikonik Lombok.

You may also like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.