Cantiknya Sunset Kala Menanti Datangnya Puteri Mandalika

by Emen Ardiansyah

Genpilomboksumbawa.com, Pantai Seger – Pelaksanaan malam puncak Bau Nyale selalu menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat setiap tahunnya. Bahkan bisa dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan pesta rakyat bagi masyarakat sekitar.

Menariknya kegiatan Bau Nyale yaitu melakukan penangkapan cacing laut membuat seluruh rangkaian kegiatan puncak dari tahun ke tahun selalu berlangsung di tepi pantai.

Adalah kawasan Pantai Seger yang menjadi pusat kegiatan. Pantai yang merupakan bagian dari garis pantai selatan Pulau Lombok ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Bukan hanya karena pantai pasir putihnya, bukan juga karena keindahan ombaknya. Namun pantai ini menjadi menarik juga karena nilai historisnya yang tidak lepas dari legenda Puteri Mandalika dan juga kegiatan Bau Nyale.

Dalam setiap perayaan puncak Bau Nyale, bisa dipastikan akan datangnya ribuan audiens yang ingin menyaksikan Pemilihan Puteri Mandalika, menyaksikan drama kolosal Legenda Puteri Mandalika, serta menangkap langsung cacing laut (nyale) yang dipercaya merupakaan jelmaan dari Puteri Mandalika.

Ada aktivitas menarik yang dapat dilakukan sembari menanti dimulainya perayaan malam puncak dan juga penangkapan nyale. Dimana aktivitas ini sungguh sayang untuk dilewatkan.

Keistimewaan dari Pantai Seger sehingga menjadi idaman masyarakat lokal dan juga wisatawan adalah karena pantai ini juga menyejikan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang indah nan romantis. Terlebih, di pantai ini terdapat beberapa bukit yang dapat dijadikan tempat menikmati terbenamnya matahari di ufuk barat. Hal inilah yang dapat dilakukan sembari menanti datangnya Sang Puteri Mandalika atau menangkap nyale.

Jadi, jangan heran jika meskipun kegiatan puncak belum dimulai, namun para masyarakat ataupun wisatawan telah terlebih dahulu meramaikan venue utama. Karena mereka ingin mengambil posisi di setiap bukit yang ada, dan tak mau melewatkan romantisnya matahari terbenam. Karena bagi mereka, tak ada hal yang lebih romantis selain menanti datangnya nyale sembari menyaksikan matahari yang terbenam dari atas bukit-bukit pantai seger.

You may also like

Leave a Comment