Event

Kejuaraan Pacuan Kuda Pantai Papa, Bima

GENPILOMBOKSUMBAWA.com – Kejuaraan pacuan kuda kembali diselenggarakan dengan sukses pada tanggal 2 – 8 maret 2020 di Pantai Papa, Kecamatan Lambu, Kab. Bima NTB. Kejuaraan pacuan kuda tersebut terselenggara atas inisiasi para pecinta kuda dan pemuda Lambu Sape.

Kejuaraan pacuan kuda ini awalnya hanya sebagai ajang latihan biasa saja, kemudian diadopsi menjadi salah satu atraksi yang menarik bagi wisatawan. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan mendapat support penuh dari dinas pariwisata Bima yang ditandai dengan masuknya kegiatan ini dalam calender of event Dinas pariwisata Bima.

Ibu Kadispar Bima sampaikan sambutan di awal acara
Ibu Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri, SE saat menyampaikan sambutan di awal acara

Event ini juga menjadi salah satu kegiatan yang membantu mengembangkan pertumbuhan ekonomi kreatif. Adapun waktu pelaksanaan pada tahun berikutnya akan disesuaikan dengan kalender event dinas pariwisata bima. Terkait kelengkapan P3K, ada puskesmas lambu dan puskesmas sape yang siap digunakan.

Kejuaraan pacuan kuda ini diikuti oleh anak-anak yang kemudian dijuluki sebagai “joki cilik“. Hal ini karena anak-anak mencintai kuda dan telah menjadi tradisi serta budaya masyarakat Bima.

Bapak Masykur, ST. MT selaku Kabid Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa Ada suatu kebanggaan tersendiri bagi anak-anak bima ketika mereka berhasil mengendarai serta mengendalikan kuda dengan baik.

“Keamanan joki cilik sudah terjamin karena menggunakan alat yang safety. Selain itu, joki cilik memiliki ketangkasan yang tidak perlu diragukan lagi” tambahnya.

Ibu raodah, salah satu ibu dari joki cilik yang bernama Aminullah mengatakan bahwa sejak usia 2 tahun anaknya memang suka naik kuda. Karena kecintaan anaknya terhadap kuda, maka ia tidak melarangnya menjadi joki cilik. Adapun kudanya bernama cicompe.

Pacuan Kuda Bima Di Pantai Papa
Pacuan Kuda Pantai

Acara kejuaraan pacuan kuda berlangsung meriah. Ada Ibu Shana Fatina Sukarsono selaku Direktur Badan Otoritas Labuan Bajo KemenparEkref RI, Ibu Indah Dhamayanti Putri, SE Selaku Bupati Bima serta Kadis Pariwisata Kabupaten Bima yang turut hadir dalam acara penutupan kegiatan ini.

Masyarakat juga sangat menikmati lomba pacuan kuda sembari berwisata bersama keluarga tercinta. Panitia penyelenggara juga telah menyediakan tiga tribun untuk para penonton. Tribun ini juga difasilitasi pagar pembatas untuk menjamin kenyamanan penonton.

Jackysan

I consider myself a professional blogger because I treat it with hard work, dedication, and a vision. Because I earn a little money from it and because I have been able to build marketable skills as a result of it. Get in touch with me via Whatsapp

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button